Personil Polair melakukan Patroli di sekitar Pelabuhan Ketapang
Personil Polair melakukan Patroli di sekitar Pelabuhan Ketapang

MALANGTIMES - Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Satuan Polair Banyuwangi meningkatkan intensitas patroli laut.

Fokus patroli dilaksanakan di sekitar selat Bali yang merupakan jalur penyeberangan dari Jawa-Bali.

Kasat Polair Banyuwangi, AKP Subandi menyatakan, peningkatan patroli keamanan di Selat Bali ini merupakan upaya Kepolisian menjaga keamanan agar pelaksanaan pelantikan presiden dan Wakil Presiden berjalan lancar.

"Semua potensi ancaman dan kerawanan dalam bentuk apapun kita antisipasi agar tidak terjadi. Khususnya gangguan terorisme," kata Subandi, Sabtu (19/10/19).

Dalam kegiatan ini ada 30 personil yang dilibatkan. Jumlah ini merupakan gabungan dari anggota Satpolair Banyuwangi dan personel direktorat Polairud Polda Jawa Timur. Mereka standby di sekitar pelabuhan Ketapang.

"Ada empat kapal yang kita siapkan untuk kegiatan ini. Kapal ini melakukan patroli di sekitar Selat Bali secara bergiliran tiap dua jam sekali," jelasnya.

Patroli ini tidak hanya dilakukan di perairan. Menurut Subandi, personel  Satpolair juga melakukan patroli di dalam kapal jika penumpang sedang padat. 

Namun jika penumpang tidak terlalu banyak patroli dilakukan di perairan saja.

"Kami ingin memastikan situasi tetap aman dan kondusif. Sehingga proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden berjalan lancar. Masyarakat juga bisa melakukan aktivitasnya dengan aman tanpa ada gangguan apapun," tegasnya.