Kepala DLH Kota Malang, Rinawati (kaos biru) saat ikut turun ke lapangan untuk membersihkan selokan di Pasar Blimbing (Hendra Saputra)
Kepala DLH Kota Malang, Rinawati (kaos biru) saat ikut turun ke lapangan untuk membersihkan selokan di Pasar Blimbing (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Musim kemarau diprediksi segera berlalu dan bakal berganti musim hujan. Karena itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang terus berupaya untuk membersihkan sampah sebelum hujan turun agar tidak sampai membuat buntu selokan.

Persiapan menghadapi musim hujan saat ini dilakukan oleh DLH Kota Malang dengan maksimal.  Salah satunya yakni rutin menyebar pasukan untuk membersihkan jalanan atau setiap sudut 'Bhumi Arema'.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

Tapi, DLH Kota Malang melalui Kepala Dinas Rinawati mengharap agar kebersihan juga menjadi tanggung jawab masyarakat dalam hal menjaga kebersihan lingkungan.

"Tugas intensif selalu dilakukan oleh pihak kami, tapi harapannya masyarakat juga ikut terlibat untuk menjaga kebersihan. Karena tidak semuanya bisa dipantau oleh dinas, dan jika bisa menjaga kebersihan lingkungan masyarakat juga supaya bersih dan sehat," ungkap Rinawati.

Menurut Rinawati, saat ini memang sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan, karena tidak hanya masyarakat saja yang bisa merasakan manfaatnya, tapi juga ekosistem di sekitarnya.

"Ekosistem di lingkungan kan banyak, sungai juga begitu, ada tanaman atau bahkan ikan didalamnya, jadi kita bersama harus bisa menjaga," harapnya.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Untuk itu, Rinawati saat ini sangat getol mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, apalagi menjelang akhir tahun yang biasanya adalah musim penghujan.

"Intinya persiapan itu agar sungai atau selokan agar selalu bersih. Dan dikemudian hari tidak terjadi banjir saat musim hujan tiba," pungkasnya.