Tangkapan layar Ki Sabdo Jagad Royo yang sebut pelantikan Jokowi dijaga jin, Roro Kidul dan lainnya
Tangkapan layar Ki Sabdo Jagad Royo yang sebut pelantikan Jokowi dijaga jin, Roro Kidul dan lainnya

MALANGTIMES - Jagad dunia maya kembali diramaikan dengan postingan video seorang lelaki dengan busana serba hitam yang disebutnya sebagai Ki Sabdo.

Video berdurasi pendek sekitar 2 menit ini, membuat warganet bereaksi keras. Pasalnya lelaki separo baya ini menyampaikan pernyataan yang semakin membuat masyarakat terpecah dalam menyikapi peta politik Indonesia. Khususnya terkait akan dilantiknya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'arif Amin sebagai Wakil Presiden 2019-2024, tanggal 20 Oktober 2019 mendatang.

Dalam video tersebut, terlihat Ki Sabdo duduk bersila atau bersemedi tepat di depan pintu gedung DPR/MPR Nusantara V. Dimana nantinya Jokowi-Ma'ruf akan dilantik. Hampir sekitar 20 detik lebih, Ki Sabdo bersemedi, sampai akhirnya menangkupkan kedua belah tangannya di wajah. Lantas, dirinya berdiri dan menyampaikan apa yang sedang dilakukannya. Setelah ada sebuah pertanyaan dari seseorang yang tak terlihat di dalam video.

Ki Sabdo menyampaikan, bahwa dirinya sedang berada di gedung DPR dan melakukan gladi bersih.

"Aku sedang cek anak buah saya. Ratu Selatan, Nyai Roro Kidul, Jin Kayangan dan lainnya. Semua sudah ada di dalam dan sekitarnya. Jadi untuk amankan pelantikan Joko Widodo," ucap Ki Sabdo dalam video yang di-posting Jumat (18/10/2019) oleh akun Lina Wati di Facebook.

Ki Sabdo Jagad Royo, begitulah dirinya dikenal, yang sempat juga viral di tahun 2014 lalu, karena sesumbar siap ditembak mati saat dirinya meramal Prabowo yang akan menjadi presiden

Ia melanjutkan, bahwa dari penglihatannya memang harus ada pengawalan secara spiritual untuk pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

"Harus ada pengawalan secara spiritual. Ini yang saya taruh di sini komplit sudah. Mulai Nyai Roro Kidul, Nyai Blorong, Jin Kayangan. Mantap sudah, pasti dilantik," tegasnya.

Dirinya juga menjawab, bila ada yang menghalangi pelantikan Jokowi-Ma'ruf, maka akan berurusan dengan Ratu Roro Kidul dan dirinya.

"Urusan saya. Saya akan bereskan (bila ada yang menghalangi pelantikan, red)," ujar Ki Sabdo.

 

 

Saat ditanya apakah ia diutus Jokowi, dengan meyakinkan ia menjawab bahwa dirinya disuruh Jokowi untuk mengamankan Republik Indonesia.

Video inilah yang membuat warganet bereaksi dan menanggapinya secara ramai. Walau baru diposting sekitar 4 jam, tapi video itu telah dibagikan sebanyak 1.120 kali dan mendapat komentar 438 di satu akun. Sedangkan di akun lainnya pun banyak tanggapan terkait pernyataan Ki Sabdo itu.

Akun Alhamd Hassan, misalnya, menuliskan pernyataannya atas apa yang disampaikan Ki Sabdo, bahwa dirinya disuruh Jokowi melakukan hal itu.

"Hanya penjahat yg buat video ini, seolah-olah diminta Pemerintah. Untuk sekedar diketahui Jokowi didalam Ka'bah sudah minta kepada Allah agar" Selamatkan Indonesia". Cara-cara pembenci yg buat tanpa sepengetahuan untuk menjatuhkan Pemerintah yg sah," tulisnya geram.
Akun Oktri juga dibuat geleng kepala.

"Ck...ck..ck..ini orang matinya gimana yaa?? Negara aja mau dijaga sama jin dan iblis...Gimana mau makmur, aman dan sentosa negeri ini? Wong, lebih percaya makhluk daripada penciptanya, Allah swt..pantesan ulama dibenci," komentarnya.

Pernyataan Ki Sabdo juga menyulut lagi terpecahnya suara masyarakat yang sudah terbelah sejak kampanye pilpres sampai saat ini. 
Akun Diana Lestari, misalnya, menuliskan panjang ketaksukaannya kepada Jokowi. "Sekarang sudah jelas tentara jin iblis dan lain sebagainya sudah di kerahkan untuk memusuhi rakyatnya. blm aparatnya. berati jokowi bukan orang indonesia asli," tulisnya.

"Mbah jangan orang yg tujuanya matiin rakyat. harus di jaga oleh setan seluruh penjuru. ini mesrik mbah. Amankanlah rakyat yg sedang susah. Yg di papua dan yg kena bencana. ini udah jelas preside dolim ko malah di bantu manggil lelembut. berarti memang betul perkiraan saya. jokowi banyak yg iblis di sekitarnya. yg gk bisa di liat dengan kasat mata. Tapi kl untuk kebaikan negara dan bangsa sih gk apa. Ini untuk bala pare cukong," lanjutnya.