Tiga Hari Jelang Pelantikan Presiden, Warganet Berharap Nama Ini Dibacakan

MALANGTIMES - Tiga hari menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, tepatnya tanggal 20 Oktober 2019. Selain persiapan dan juga pengamanan, perbincangan di media sosial juga semakin diramaikan dengan teka-teki kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tak hanya ramai saja, nama-nama pembantu Jokowi pun menyebar di medsos dan jejaring pembicaraan WA. Hoax. Begitulah penjelasan dari Istana atas beredarnya susunan kabinet jilid II Jokowi-Ma'ruf Amin itu.

Tapi, rasa penasaran masyarakat sangat tinggi atas nama-nama tersebut. Sehingga, muncul nama-nama yang digadangkan akan jadi menteri. Baik melalui semacam jajak pendapat, maupun secara langsung dinyatakan warganet.

Ini terlihat di kolom komentar akun resmi Instagram Jokowi, saat dirinya memosting terkait banyaknya pertanyaan mengenai para pembantunya ke depan.

"...Yang jelas susunan kabinet untuk periode pemerintahan mendatang sudah rampung. Saya akan segera umumkan setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, pada 20 Oktober. Bisa di hari yang sama  atau setelahnya..." tulis Jokowi, Kamis (17/10/2019).

Postingan Jokowi pun mendapat tanggapan cukup luas. Ada sekitar 7.229 warganet yang menanggapinya. Dimana, beberapa warganet menyampaikan harapan besarnya terhadap beberapa nama yang akan mengisi kursi menteri.

"Menteri yang gue harap tetap menjabat sesuai jabatannya sekarang adalah 
1) Ibu Sri Mulyani
2) Ibu Susi Pudjiastuti
3) Pak Basuki Hadimuljono
4) Pak Bambang Brojonegoro," tulis akun Syah_Reza1010.

Tak hanya itu, akun tersebut juga menuliskan tebakan dan juga harapannya atas beberapa nama lainnya. 

"Menteri BUMN (Pak Archandra Tahar). Menteri Agama (Tuan Guru Bajang). Menteri Pemuda dan Olahraga (Pak Erick Tohir). Orang yang gue harap banget jadi menteri

1) Prof Mahfud MD
2) Prof Edy Hiariej
3) Pak Ahok
4) Ibu Tri Rismaharini
5) Nadiem Makarim," lanjut Syah_Reza1010.

Nama Prabowo Subianto pun ikutan dituliskan oleh warganet untuk bisa masuk dalam kabinet Jokowi. 

"Prabowo Menteri Pertahanan please, biar Kadrun dan kroni punah," tulis akun yogirafiputra.

Selain berharap nama-nama tersebut dibacakan nantinya menjadi menteri, warganet pun tak lupa menagih terkait Perppu KPK.
Azismurdiana06 misalnya menanyakan hal tersebut kepada Jokowi. 

"Pak Perppu UU KPK yang bapak janjikan mana pak? Yakin menterinya gak pada korupsi kayak menteei bapak jilid 1?" tulisnya.

Beberapa nama lainnya pun dimunculkan, tapi dengan komentar miring. Seperti yang disampaikan akun sudamade yang menuliskan, "Mudah-mudahan bukan Fadli Zon cs aja jadi menteri. Apalagi Sandi Uno vs, bisa mabuk ni negara," ujarnya.

Lepas dari siapapun yang nantinya akan menjadi menteri Jokowi jilid II, harapan warganet bahwa mereka adalah orang-orang yang amanah, sayang kepada rakyat dan benar-benar orang pilihan.
Agungww, 

"Siapapun orangnya itu dia adalah orang yang amanah dan sayang kepada rakyat untuk membantu bapak Jokowi semaksimal mungkin," tulisnya.

 

Top