Kondisi rumah Suprianto  di Dusun Krajan, Desa Pujon Lor, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang,  setelah kebakaran, Kamis (17/10/2019). (Foto: istimewa)
Kondisi rumah Suprianto di Dusun Krajan, Desa Pujon Lor, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, setelah kebakaran, Kamis (17/10/2019). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Rumah terbuat dari bambu ludes dilalap si jago merah di Dusun Krajan, Desa Pujon Lor, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Kamis (17/10/2019) pukul 09.37. Terbakarnya rumah itu lantaran korsleting listrik atau hubungan arus pendek.

Rumah yang terbakar itu adalah milik Suprianto. Atap rumah itu habis terbakar. Sedangkan sebagian dinding masih utuh meski ikut terbakar. Pasalnya, warga  tanggap memberikan pertolongan untuk memadamkan  kebakaran sebelum tim pemadam kebakaran (damkar) datang.

“Mengetahui terjadi kebakaran, korban segera berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Tidak lama kemudian, berdatangan warga yang ikut serta membantu memadamkan api,” kata Kapolsek Pujon AKP Moch. Budiarto.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Malang dan tiga unit dari Kota Batu datang untuk memadamkan api.  “Karena rumah  berbahan dari bambu, mengakibatkan api menjalar dengan cepat dan menghanguskan sebagian besar bangunan,” imbuh Budiarto.

Saat kejadian, Suprianto sedang berada di ruang tamu. Ia ketika  itu sedang merangkai alat pancing.

Ketika sedang asyik merangkai alat pancing, korban mencium bau seperti barang terbakar dari dalam rumah. Ternyata atap rumah bagian belakang sudah dalam keadaan terbakar.

Akibat kejadian tersebut, bukan hanya rumah yang terbakar, namun juga sepeda motor. Sehingga kerugian akibat bencana ini kurang lebih diperkirakan Rp 200 juta.