Wali Kota Malang Sutiaji (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang semakin menyeriusi era revolusi industri 4.0 menuju Kota Malang Smart City. Salah satunya pengembangan inovasi digitalisasi di masing‐masing pelayanan yang diberikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bakal terus disoroti.

Apalagi, adanya ajang penghargaan Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID) 2019 dinilai sebagai salah satu bentuk bagaimana OPD mengelola media sosial dan websitenya dalam memberikan informasi dan pelayanan kepada publik.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan dalam pengembangan inovasi digitalisasi tersebut, setiap OPD paling tidak harus memperhatikan beberapa poin penting. Yakni, efisiensi, keterbukaan, dan kecepatan.

"Tiga poin itu saya kira wajib dan saling berkesinambungan. Kecepatan, ketika kita melapor ketika kita melayani dan itu tentu akan ada efisiensi waktu, efisiensi keuangan, kemudian transparansi saling bisa mengoreksi," ujarnya, ditemui usai menghadiri malam Penghargaan AIKID 2019 semalam (Rabu, 16/10).

Keberadaan website yang terus dikembangkan dalam beragam inovasi itulah yang menjadi tujuan utama dalam pelayanan publik. Karenanya, pria yang akrab disapa Aji ini menekankan semua inovasi digital yang dihadirkan dalam sistem Pemerintahan Kota Malang harus berbasis pelayanan.

"Apa artinya kita punya inovasi tapi tidak diimplementasilan dan tidak untuk melayani. Maka aplikasi-aplikasi harus terus dilakukan updating. Penemuan sekarang bagus kalau tidak dilakukan update maka akan tertinggal dengan lainnya," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan jika semua OPD wajib melakukan konsep digitalisasi tersebut. Apalagi, saat ini sudah ada perintah bahwa semua daerah harus menerapkan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik)

"Memang dari sekian OPD di kita itu yang belum pakai SOTK (Struktur Organisasi dan Tata Kerja) masih ada, jadi kami minta untuk melakukan up to digitalisasi. Dan itu wajib, apalagi sekarang sudah SPBE," tandasnya.