Lokasi kejadian penangkapan terduga teroris di Jalan Kedawung Gang 9, Kota Malang (Hendra Saputra)
Lokasi kejadian penangkapan terduga teroris di Jalan Kedawung Gang 9, Kota Malang (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Kota Malang pada Selasa (15/10/2019) sempat geger karena adanya terduga teroris yang ditangkap di Jalan Kedawung Gang 9 Kelurahan Tulusrejo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang sekitar pukul 14.00.

Ternyata sebelum penangkapan terduga teroris di Jalan Kedawung Gang 9 Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, diakui pemilik warung makan sejak malam hari sudah ada beberapa orang mondar-mandir di depan masjid.

Hasil pencarian informasi MalangTIMES di lokasi kejadian dimana terduga teroris tersebut ditangkap, malam sebelum kejadian memang ada kurang lebih 4 sampai 5 orang yang mondar-mandir di depan Masjid Baiturrohmah atau tepat di sebelah Gang 9 Jalan Kedawung.

"Kata orang depan situ mas (sambil menunjuk Gang 9) dari semalam (Senin 14 Oktober 2019) memang ada orang yang mondar-mandir," ucap ibu pemilik warung yang enggan disebutkan namanya ini.

Kemudian pada Selasa (15/10/2019) sekitar pukul 10.30 WIB ada orang mengetuk pintu warung dan mengatakan ingin membeli kopi di warung yang ada di Gang 9 Jalan Kedawung.

"Biasanya kan saya buka jam 12.00 kan mas, tapi ternyata ada orang beli kopi ya saya layani, kalau tidak salah itu orang 5. Dan saya enggak tahu kalau itu polisi, malah saya kira itu orang proyekan, karena di sini itu yang sering beli orang proyekan bangun apa gitu," kata ibu pemilik warung. 

"Tapi juga ada orang yang lain di depan gang dan di depan masjid dan sama orang-orang yang ngopi di sini dipanggil," imbuhnya.

Lalu pada jam salat Dzuhur beberapa orang yang sempat ngopi di warung tersebut melakukan ibadah salat di Masjid Baiturrohmah. Tapi sebagian masih meneruskan ngopi dan ngobrol di warung.

"Orang-orang itu lho ngobrolnya biasa, tidak ada yang ngomongin apa ta apa gitu. Eh ternyata ada cowok dan cewek pakai sepeda motor NMax kalau nggak salah waktu itu ditangkep di dekat masjid," ungkapnya.

"Cepet itu mas, enggak ada tiga menit kalau tidak salah itu langsung dimasukkan mobil dan dibawa pergi. Yang cewek juga sempat teriak suamiku suamiku gitu, sempat macet juga itu jalannya," sambungnya.

Informasi terbaru, terduga teroris yang tertangkap di Jalan Kedawung Gang 9 Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ini berinisial AH (istri) dan RK (suami). Suami istri tersebut lewat Jalan Selorejo dan kemudian tembus ke Jalan Kedawung Gang 9 sebelum akhirnya ditangkap oleh Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri.