Sound Shirt, baju khusus tunarungu untuk mendengarkan musik. (Foto: Istimewa)
Sound Shirt, baju khusus tunarungu untuk mendengarkan musik. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Mendengarkan musik menjadi suatu hal yang bagi sebagian orang memiliki nilai kesenangan tersendiri. Namun, seorang dengan keadaan tunarungu akan sangat sulit dalam menikmati alunan musik itu.

Nah, kini hal itu sudah bisa teratasi lho. Baru-baru ini perusahaan CuteCircuit asal London menciptakan inovasi baju khusus bagi penyandang tunarungu untuk mendengarkan musik.

Namanya Sound Shirt, baju yang dilengkapi dengan 16 titik sensor dan terhubung dengan sistem komputer. Baju dengan teknologi canggih ini mengambil file suara dari komputer, kemudian mengubahnya menjadi vibrasi yang tersebar di beberapa titik sensor itu. Vibrasi inilah yang menghasilkan sensasi mendengarkan musik bisa dinikmati bagi tunatungu.

Dilansir dari berbagai sumber, Sound Shirt ini sangat memungkinkan bagi tunarungu dalam merasakan sensasi musik ke kulit mereka. Sehingga, mereka seolah merasakan suasana konser simfoni.

Lokasi titik sensor ditempatkan bergantung pada berat dan ringannya nada. Seperti nada bas, terdapat pada bagian bawah tulang punggung. Sedangkan nada yang lebih ringan, yakni violin, ada pada bagian atas tubuh, leher, dan tulang selangka. Hal itu memudahkan tunarungu untuk merasakan beberapa area dengan sensor yang lebih aktif dibandinkan lainnya.

Baju tersebut juga didesain dengan bahan yang sangat nyaman sehingga bisa digunakan dalam keseharian. Pihak perusahaan menggunakan smart fabrics, yang merupakan kombinasi dari microelectronics. Sangat tipis dan fleksibel untuk digunakan setiap orang.

CEO CuteCircuit Ryan Genz mengatakan, titik-titik sensor yang tersebar di 16 area itu dihasilkan dari penelitian dan riset yang cukup lama. Hingga akhirnya tercipta baju bagi penyandang tunarungu ini yang bisa membawa pengalaman menonton konser musik yang biasa dinikmati semua orang.

“Hanya dengan melihat reaksi dari para tunarungu yang mengenakan baju ini, ekspresi mereka menjadi bahagia dan semangat,” ungkapnya.

Untuk saat ini, produksi dari baju ini masih sangat terbatas. Hal itu berdasarkan pada kemampuan teknologi yang digunakan juga terhitung masih jarang ditemukan. Yang menginginkan Sound Shirt ini harus rela mengeluarkan biaya karena harganya yang sangat mahal. Yakni 3.673 dollar AS atau sekitar Rp 51 juta.