Kurniawan Kartika Ajie (kanan)ketika menjalani latihan di pantai (official Arema FC)
Kurniawan Kartika Ajie (kanan)ketika menjalani latihan di pantai (official Arema FC)

MALANGTIMES - Pertandingan pada kompetisi Liga 1 2019 yang masih mengambang membuat pelatih kiper Arema FC harus menyesuaikan program latihan yang diberikan kepada penjaga gawangnya.

Materi latihan untuk penjaga gawang saat kompetisi sedang padat digelar biasanya memang lebih banyak dilakukan dengan melatih kepekaan kiper untuk meraih bola saat ada lawan di depannya.

Namun dengan adanya perubahan jadwal kompetisi membuat tim pelatih juga mengubah materi latihan yang akan diberikan kepada pemainnya.

Salah satunya hal itu dilakukan Yanuar Hermansyah yang memberikan latihan kekuatan untuk kipernya karena jadwal kompetisi masih belum ditentukan.

"Kemarin kami berikan latihan strength untuk kiper. Itu sangat bagus karena dilakukan di pasir pantai," ujar pelatih kiper Arema FC, Yanuar Hermansyah atau yang akrab disapa Begal ini.

Diakui Begal, latihan fisik di lapangan dengan di pantai memang berbeda. 

Karena ia juga keras memberikan materi latihan fisik di lapangan untuk kipernya. 

"Eksplosivitas, endurance, dan kelincahan bisa di lapangan biasa, tapi kalau strength sangat bagus kalau dilakukan pemain di pantai," katanya.

Kini Begal terus berkoordinasi dengan pelatih kepala yakni Milomir Seslija terkait pemberian materi latihan. 

Karena ia juga ingin segera mengetahui jadwal pertandingan terdekat, sehingga bisa menentukan kapan memberikan materi latihan fisik atau hanya teknik.

"Kabarnya pertandingan masih lama, makanya kami programkan secara global dulu sementara ini," pungkasnya.