Kurniawan Kartika Ajie (kanan)ketika menjalani latihan (official Arema FC)
Kurniawan Kartika Ajie (kanan)ketika menjalani latihan (official Arema FC)

MALANGTIMES - Posisi penjaga gawang memang terlihat seperti tidak membutuhkan banyak tenaga saat bertanding. Tapi menurut pelatih kiper Arema FC, Yanuar Hermansyah, posisi penjaga gawang membutuhkan stamina yang kuat agar selalu fokus. "Latihan fisik memang sangat perlu untuk kiper, karena mereka juga harus fokus selama pertandingan berlangsung. Karena kalau stamina sudah habis, tentu fokus juga akan hilang," kata Yanuar Hermansyah atau yang akrab disapa Begal ini.

Menurut Begal, kiper juga harus selalu bergerak untuk melihat situasi pertandingan. Karena dalam sepak bola modern saat ini, posisi kiper bisa dikatakan libero pemain belakang. "Tugasnya bukan cuma menjaga gawang, kiper sekarang harus gerak terus. Kalau fisiknya tidak kuat, ketika ada momen yang membutuhkan tenaga maka dia akan mengalami kesulitan," ungkapnya.

Dan latihan fisik yang diberikan Milomir Seslija kepada seluruh pemainnya dianggap Begal sangat bagus, karena kipernya juga membutuhkan stamina yang tetap prima. 

"Materi latihan fisik sangat menunjang untuk pembentukan power, bukan cuma pada pemain lapangan, tapi juga untuk kiper," pungkasnya.

Untuk diketahui, Arema FC saat ini memiliki empat kiper yang tiga di antaranya secara bergantian selalu memiliki kesempatan bermain. Mereka adalah Kurniawan Kartika Ajie, Utam Rusdiana, Sandi Firmansyah dan Andryas Francisco.