Walikota Malang, Sutiaji
Walikota Malang, Sutiaji

MALANGTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji optimis melalui program lelang kinerja yang sudah diterapkan di masa penerintahannya itu, Kota Malang akan menjadi wilayah bebas korupsi. 

Selain itu, melalui lelang kinerja itu, dia juga optimis layanan publik yang diberikan akan lebih berkualitas.

Menurutnya, lelang kinerja dapat menjadi trigger sekaligus tools yang mampu menguatkan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). 

Sehingga dia sangat terbuka jika inovasi tersebut ditiru berbagai daerah di Indonesia.

"Dan inovasi lelang kinerja ini sangat diapresiasi dan dapat ditiru daerah lain," ujarnya.

Program Lelang Kinerja ini sendiri menurut Sutiaji mengharuskan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Malang untuk berinovasi.

Melalui berbagai inovasi itu, setiap OPD juga ditargetkan membuat evaluasi secara berkala hingga potensi tingkat keberhasilan.

Masing-masing OPD menurutnya harus memiliki prediksi kuat berdasarkan angka yang ada.

Kemudian setiap target yang ditetapkan secara perlahan diwujudkan melalui sederet inovasi yang disiapkan. 

Sehingga, proses pembangunan dapat berjalan searah selama lima tahun ke depan.

"Ada ukuran tersendiri di dalam setiap program yang dibuat dan tingkat keberhasilannya itu harus ada," jelasnya.

Sementara itu, Kota Malang sendiri sebelumnya menjadi tuan rumah dalam peogram evaluasi Zona Integritas menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). 

Sementara dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masuk dalam evaluasi Zona Integritas adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang serta Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang.

Evaluasi WBK dan WBBM sendiri digelar dua hari pada Kamis-Jumat tanggal 10-11 Oktober 2019 di ruang Tumapel, Ruang Majapahit, Ruang Sidang Balaikota Malang dan NCC. 

Kegiatan ini diikuti 8 daerah yakni Kabupaten Madiun, Kabuipaten Trenggalek, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Tulungagung, Kota Pasuruan, Kabupaten Ponorogo, Kota Brobolinggo dan Kota Malang.