Petugas BP2D membuka pelayanan di Matos. (Doc BP2D For MalangTIMES)
Petugas BP2D membuka pelayanan di Matos. (Doc BP2D For MalangTIMES)

MALANGTIMES - Misi mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya wajib pajak (WP), terus dilakukan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang. Hingga kini, BP2D terus rutin jemput bola dengan membuka stan pelayanan mobile dengan menyasar mal.

Setiap tanggal 15 tiap bulan, BP2D  menyasar beberapa mal di Kota Malang. Salah satunya Malang Town Square (Matos). Tujuannya untuk bisa mengeruk potensi pembayaran pajak dari para WP yang belum sempat membayar atau datang langsung ke kantor BP2D.

Kepala BP2D Kota Malang Ade Herawanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Penagihan dan Pemeriksaan Dwi Cahyo TY menjelaskan, memang setiap bulan setiap tanggal 15, BP2D rutin jemput bola membuka pelayanan di mal. "Memang rutin kami dekatkan pelayanan terhadap masyarakat setip tanggal 15 di mal," ungkapnya.

Pelayanan tersebut hanya dibuka di beberapa mal, seperti Matos. Hal tersebut karena memang sejumlah mal lebih banyak dikunjungi WP.

BP2D juga sempat membuka pelayanan di Mall Olmypic Garden (MOG). Namun di MOG, BP2D belum mendaptkan hasil yang maksimal.

"Kalau di Matos, WP-nya banyak. Kalau di MOG kemarin WP-nya sedikit. Kami selalu penjajakan seperti itu. Makanya yang masih rutin di Matos," kata Cahyo.

Nah makanya, bagi masyarakat, khususnya para WP yang belum sempat ke kantor BP2D dalam kaitan urusan pajak dan kebetulan sedang berada di Matos, bisa datang langsung menuju stan pelayanan BP2D. Di sana Anda juga bisa menanyakan informasi-informasi mengenai pajak atau sekaligus membayar pajak.

Dengan begitu,  para WP yang tengah bersantai bersama keluarga atau mempunyai usaha di mal tak lagi kehilangan waktu dan tenaga dengan meninggalkan tempat usahanya hanya untuk  membayar pajak ke kantor BP2D.

Selain memungut pajak daerah, petugas BP2D juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang ingin mengetahui seluk-beluk perpajakan daerah dan cara membayarnya, baik melalui sistem manual maupun sistem online atau e-tax.