Bupati Malang Muhammad Sanusi (tengah baju coklat) beserta Wakil Bupati Malang M Soedarman (kanan baju batik gelap) saat mendatangi lokasi Gema Desa di Kecamatan Ngajum (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Bupati Malang Muhammad Sanusi (tengah baju coklat) beserta Wakil Bupati Malang M Soedarman (kanan baju batik gelap) saat mendatangi lokasi Gema Desa di Kecamatan Ngajum (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tidak seperti biasanya, lautan manusia nampak memadati sepanjang jalan yang ada di wilayah Kecamatan Ngajum, Jumat (11/10/2019). Ribuan warga nampak begitu antusias saat menyambut kedatangan para pejabat Pemda (Pemerintah Daerah) Kabupaten Malang, saat mengunjungi serangkaian agenda Gema Desa (Gerakan Membangun Desa).

”Melalui acara Gema Desa yang diadakan di Kecamatan Ngajum kali ini, kami akan melakukan evaluasi terkait segala potensi yang ada. Salah satunya terkait potensi wisata,” kata Bupati Malang Muhammad Sanusi, saat ditemui awak media di sela-sela agenda Gema Desa 2019.

Pria yang akrab disapa Abah Sanusi ini mengaku, jika di wilayah Kecamatan Ngajum memiliki banyak potensi wisata. Mulai dari destinasi wisata alam, wisata rohani, hingga kebudayaan semua tersedia di Kecamatan Ngajum. 

”Selain potensi wisata, di sini juga ada potensi peternakan. Terutama potensi ternak sapi dan susu perah,” sambung Sanusi saat ditemui usai meresmikan destinasi wisata kolam renang di Kecamatan Ngajum.

Guna merealisasikan Kecamatan Ngajum menjadi daerah jujukan wisatawan, Sanusi menuturkan jika pihaknya bakal segera melakukan rapat koordinasi dengan seluruh instansi terkait dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di Kabupaten Malang.

”Targetnya pada tahun 2020 mendatang Kecamatan Ngajum akan menjadi rujukan tempat wisata. Akan terus kami kembangkan dan koordinasikan dengan perangkat desa yang ada disini (Kecamatan Ngajum). Apa yang dibutuhkan di sektor pengembangan pariwisata segera disampaikan saja, nanti akan kami bantu melalui peran dinas terkait,” terang Sanusi.

Sebagi tambahan, dalam agenda Gema Desa ini beberapa pejabat OPD Kabupaten Malang mulai dari Perumda Tirta Kanjuruhan, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Cipta Karya, Disperindag, Diskominfo hingga Disnaker dan beberapa instansi lainnya juga turut menghadiri agenda.

Dalam setiap kunjungan maraton Gema Desa, Sanusi juga didampingi langsung oleh wakil bupati yang baru saja terpilih yakni M Soedarman.

Tidak hanya melakukan kunjungan dan tinjauan di beberapa titik yang ada di Kecamatan Ngajum, pada kesempatan Gema Desa kali ini juga ada serangkaian acara bedah rumah. Selain itu juga ada pembagian sembako, pemberian bantuan alat pertanian, penjualan sembako murah, pelayanan posyandu dan KB, serta layanan data kependudukan.