Kepala Bidang Penagihan dan Pemeriksaan BP2D Kota Malang Dwi Cahyo TY (Doc MalangTIMES)
Kepala Bidang Penagihan dan Pemeriksaan BP2D Kota Malang Dwi Cahyo TY (Doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tak bisa dipungkiri, jika Wajib Pajak (WP) di Kota Malang masih ada yang menunggak. Hal tersebut membuat Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, rutin untuk memanggil para penunggak pajak tersebut.

"Setiap hari Rabu dan Kamis kami rutin untuk memanggil para WP itu. Setiap pemanggilan sekitar 20 WP," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Penagihan dan Pemeriksaan, Dwi Cahyo TY kepada MalangTIMES saat ditemui di Gedung DPRD Kota Malang beberapa waktu lalu.

Dan dalam pemanggilan tersebut, para WP kembali diingatkan mengenai kesadaran akan kewajiban mereka membayar pajak, yang nanti peruntukannya juga akan kembali dirasakan oleh para WP.

"Kita optimalkan, kita imbau, kita edukasi dan kita ingatkan kewajiban mereka. Kadang-kadang ada juga yang belum tau cara melapor gimana, kita tetap edukasi," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika dalam penagihan, pihaknya tetap sesuai dengan aturan yang ada, dan tidak serta-merta memberikan sanksi atau melakukan penagihan yang tak sesuai aturan.

Dan untuk penagihan dan pemeriksaan terhadap WP nakal yang menunggak, pihaknya juga melibatkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang dalam penanganan pajak menunggak yang dilakukan WP.

"Pihak Kejaksaan masuk dalam  tim pemeriksaan dan operasi gabungan sadar pajak. Sama Surat Kuasa Khusus (SKK) Kejaksaan selaku jaksa pengacara negara untuk pendampingan saat pemeriksaan maupun penagihan," pungkasnya.