MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten Malang terus melakukan inovasi dibidang teknologi guna memantapkan status menjadi daerah Smart Regency di Indonesia. 

Salah satu langkah kongkretnya seperti yang sedang dioptimalkan Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika).

Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Malang, Ferry Hari Agung mengaku saat ini pihaknya masih terus melakukan pengembangan guna mengoptimalkan peran Command Center.

”Melalui layanan ini, para pejabat pemerintah dapat memantau berbagai data masyarakat di Kabupaten Malang. Mulai dari data kependudukan, kesehatan, kemiskinan, hingga pendidikan semua bisa dipantau melalui Command Center secara real time,” terang Ferry.

Dengan demikian, lanjut Ferry, para pejabat pemerintah mulai dari Bupati, Sekda, hingga pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Kabupaten Malang, dapat memantau kejadian sekaligus perkembangan terkini melalui Command Center

Hal itu tentunya juga bisa menjadi pertimbangan tersendiri, sebelum akhirnya membuat kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat Kabupaten Malang.

”Ke depan kami mengupayakan agar layanan seperti ini tidak hanya bisa dinikmati oleh internal (pejabat) saja. Namun pihak eksternal (masyarakat) di Kabupaten Malang juga bakal merasakan kemudahan melalui sarana teknologi semacam ini,” ungkap Ferry.

Salah satu wujud Command Center berbasis ektern yang hendak diluncurkan ke khalayak umum adalah aplikasi berbasis android. 

Dimana masyarakat Kabupaten Malang mampu menyampaikan gagasan, serta berbagi info kejadian hingga bencana melalui aplikasi yang dapat diunduh secara geratis melalui layanan Google Play Store tersebut.

Diskominfo Kabupaten Malang menyebut aplikasi ini dengan istilah MalangKab Tanggap.

”Aplikasinya sudah jadi, tinggal disempurnakan dan bakal segera kami launching pada bulan November mendatang,” sambung Ferry.

Inovasi berbasis teknologi yang digagas Diskominfo Kabupaten Malang ini, juga sempat menuai banyak apresiasi. 

Salah satunya seperti yang dalakukan oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim).

”Pada awal bulan Oktober lalu, kami diundang Gubernur Jatim untuk menampilkan layanan Command Center di tingkat nasional,” tutur Ferry saat dikonfirmasi MalangTIMES.com, Kamis (10/9/2019).

Dalam agenda Jatim Kominfo Festival (JKF) 2019 yang diselenggarakan di Kabupaten Magetan ini, juga turut dihadiri oleh pejabat pemerintahan di tingkat Provinsi Jatim, hingga seluruh OPD Diskominfo tingkat kota dan Kabupaten yang ada di seluruh Jatim.

”Saat ditampilkan di tingkat nasional, seluruh tamu undangan dan peserta yang menghadiri acara memberikan respons yang positif terkait Command Center yang diterapkan di Kabupaten Malang. Kebanyakan dari mereka menanyakan terkait sistim kerja, tata kelola, hingga pengaplikasian Command Center guna diterapkan di Kota dan Kabupaten yang ada di Jawa Timur,” ujar Ferry.

”Ke depan berbagai gagasan dibidang teknologi akan terus kami kembangkan. Harapanya Kabupaten Malang bisa segera menjadi Daerah Smart Regency,” tutup Ferry.