MALANGTIMES - Kondisi cuaca di Kota Batu yang beberapa hari sebelumnya cukup landai berubah pada Kamis (10/10/2019). Sejak pagi hari, angin berembus dengan kencang. Akibatnya, sejumlah kawasan porak-poranda kena angin kencang.

Angin  kencang melanda tiga  titik. Pertama, Jalan Raya Pandanrejo, Dusun Ngujung, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. Kedua,  Jalan Wukir RT/RW 003/003 Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. Dan ketiga, Jalan Pattimura Gang 07, RT/RW 07/07 Kelurahan Temas, Kecamatan Batu.

Di Jalan  Pandanrejo,  angin kencang menimbulkan tumbangnya pohon mahoni yang akarnya telah lapuk. Pohon yang tumbang itu berdiameter 20 sentimeter dan panjang 15 meter. “Menyebabkan tembok cor yang berada di pangkal pohon ikut ambrol,” ucap Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim.

Mahoni tersebut juga menimpa kabel milik PLN yang terdiri dari 1 kabel rumah dan 2 kabel PJU. “Sehingga kerusakan atau kerugian yang kami catat yakni 3 buah kabel milik PLN rusak dan tembok cor di bagian pangkal pohon ambrol,” imbuh Rochim.

Kemudian di Jalan Wukir RT/RW 003/003, atap seng milik toko bangunan terbang tertiup angin dan menimpa dua rumah di sekitar toko. Toko bangunan itu dimiliki Alkaf (47).

Sedangkan rumah yang terdampak milik Suhartono (46). Rumah ini tertimpa di bagian atap rumah.  Rumah satunya milik Minto (39), yang mengalami kerusakan di bagian dinding karena tertimpa atap seng milik toko bangunan.

Sedangkan di Jalan Pattimura Gang 07, RT/RW 07/07, angin kencang merusak bangunan dua lantai yang berfungsi sebagai tempat kos milik Udin. “Bagian bangunan yang rusak yaitu atap  yang terbuat dari seng galvalum lepas dan terbang tertiup angin. Seng galvalum itu panjangnya 6 meter dan lebar 8 meter,” tambah Rochim.

Setiap mendapatkan informasi lanjut Rochim, petugas langsung menuju lokasi untuk menindaklanjuti bencana tersebut. Untungnya tidak ada korban dalam bencana ini.