MALANGTIMES - Angin kencang melanda Kota Batu, Kamis (10/10/2019). Angin kencang itu datang lantaran pada  Oktober sebagian besar wilayah Jawa Timur, khususnya Kota Batu, memasuki masa peralihan musim, yakni dari musim kemarau ke penghujan.

 Perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),  November mendatang akan mulai turun hujan. "Karena dinamika cuaca harian berupa penempatan massa uap air di wilayah Malang Raya, khususnya di Kota Batu, juga berpotensi menimbulkan hujan," ungkap Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Achmad Choirur Rochim.

 Hujan yang datang nantinya diperkirakan akan diserta angin kencang. Diprediksi cuaca seperti itu bakal berlangsung selama 8-14 Oktober 2019. "Sedangkan cuaca yang akan terjadi selama satu minggu ke depan ini umumnya cerah-berawan," imbuhnya. 

Angin kencang itu datang umumnya dari tenggara hingga selatan dengan kecepatan 05-35 kilometer per jam. Sedangkan suhu berkisar antara 17-33 derajat Celcius.

 "Kelembaban udara ini berkisar antara 49-92 persen. Dan angin kencang ini juga bisa menimbulkan angin puting beliung, yang biasanya melanda Kota Batu," ungkap Rochim.