Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Perumda Tirta Kanjuruhan Mengaku Siap Suplai Pasokan Air Ke Wilayah Malang Raya, Berikut Caranya

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

09 - Oct - 2019, 20:50

Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi saat meninjau lokasi sumber air yang dapat digunakan untuk memasok kebutuhan air bersih di Malang Raya (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi saat meninjau lokasi sumber air yang dapat digunakan untuk memasok kebutuhan air bersih di Malang Raya (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pasokan air bersih memang menjadi salah satu elemen terpenting dalam kehidupan manusia. Selain fokus menanggulangi musibah kekeringan di wilayah Kabupaten Malang, Perumda Tirta Kanjuruhan juga mengaku siap jika wilayah Kota Malang dan Kota Batu membutuhkan bantuan terkait pasokan air bersih.

Hal ini disampaikan langsung oleh Syamsul Hadi selaku Dirut (Direktur Utama) Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang. ”Apabila melihat potensi yang ada, potensi sumber air di wilayah Kabupaten Malang saat ini bisa digunakan untuk memenuhi pasokan air bersih di seluruh wilayah Malang Raya (Kota Batu, Kota Malang, dan Kabupaten Malang,” kata Syamsul.

Baca Juga : Pasien Positif Covid-19 Meningkat, Polres Malang Ancam Warga yang Tolak Pemakamannya

Wujud partisipasi Perumda Tirta Kanjuruhan terkait pasokan air di wilayah Kota Batu dan Malang ini, bisa diambil melalui sumber air yang ada di wilayah Kecamatan Poncokusumo. ”Beberapa waktu lalu, kami sudah melakukan survei di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Malang. Salah satunya potensi sumber air di aliran Sungai Lesti yang ada di Kecamatan Poncokusumo. Di sana pasokan airnya melimpah, mau diambil berapa ribu liter pun bisa. Jadi dapat dimanfaatkan jika memang di Kota Batu dan Kota Malang membutuhkan pasokan air,” ungkap Syamsul.

Mekanismenya, dari aliran Sungai Lesti akan diolah melalui rekonstruksi Instalasi Pengolahan Air (IPA). Jika sudah dikategorikan layak untuk dikonsumsi, air yang diambil dari Kecamatan Poncokusumo tersebut, akan dibawa menggunakan kubin khusus ke wilayah dataran tinggi yang ada di Kecamatan Jabung.

Hal ini bertujuan agar memudahkan proses distribusi air, menggunakan gaya gravitasi. Dimana jika dari daerah ketinggian, maka pasokan air bisa lancar saat didistribusikan ke daerah Kota Batu dan Malang.

”Kami sudah menyiapkan skema pembuatan tandon khusus di wilayah Kecamatan Jabung, jika memang diperlukan pasokan air yang berasal dari Poncokusumo ini akan kami distribusikan ke wilayah Malang Raya termasuk Kota Malang dan Batu melalui tandon yang ada di Jabung,” terang Syamsul.

Baca Juga : Deretan Fakta Bentrok TNI Vs Polri di Papua yang Tewaskan 3 Anggota Polisi

Meski dirasa mampu memenuhi pasokan air se-Malang Raya, Perumda Tirta Kanjuruhan mengaku masih memerlukan sinergitas dari instansi terkait guna menanggulangi minimnya pasokan air di tiga wilayah pemerintahan tersebut.

”Sebenarnya masalah kekeringan dan minimnya pasokan air itu mudah ditanggulangi, asalkan ada kerja sama yang baik antara pemerintah Kabupaten Malang, Kota Batu, dan Kota Malang. Kalau masing-masing masih egois, maka masalah kekeringan dan minimnya pasokan air tidak akan selesai,” tutup Syamsul kepada MalangTIMES.com.


Topik

Peristiwa malang berita-malang Perumda-Tirta-Kanjuruhan Instalasi-Pengolahan-Air penanggulangan-bencana-kekeringan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya