MALANGTIMES - Mempercepat pembangunan perekonomian kawasan Malang m, Presiden RI Jokowi akhirnya menetapkan Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK). Hal tersebut ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2019 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari.

"Pemerintah menilai wilayah Singosari di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur telah memenuhi kriteria dan persyaratan untuk ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus. Atas pertimbangan tersebut, pada 27 September 2019, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 Tahun 2019 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari," kutip halaman setkap.go.id, selasa (8/10/2019).

KEK Singhasari sendiri merupakan kawasan ekonomi khusus pertama yang mengusung konsep industri kreatif disamping pengembangan pariwisata dan technopark. Terdiri atas zona pariwisata dan zona pengembangan teknologi.

Sedang dalam peraturan yang ditandatangani Jokowi pada 27 September silam luas KEK Singosari mencapai 120,3 hektare.  

Kemudian pembangunan dan pengelolaan kawasan tersebut dikelola oleh badan usaha pembangun dan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus  Singhasari. Jokowi menjelaskan penetapan dilakukan dalam rangka menunjang percepatan dan perluasan pembangunan nasional.

"Singosari ditetapkan menjadi kawasan ekonomi khusus karena daerah tersebut memiliki banyak keunggulan geoekonomi. Dari sisi lokasi," ungkapnya.

Selain itu, ditambah Singosari berdekatan dengan Bandara Internasional Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak serta terkoneksi dengan ruas Tol Pandaan-Malang.

Ditambah populasi Malang Raya yang besar dan memiliki keunggulan indeks pembangunan manusia di atas rata-rata Provinsi Jawa Timur. "Juga akan menjadi modal pengembangan sumber daya manusia potensial, khususnya pengembangan ekosistem digital dan ekonomi kreatif," tutupnya.