MALANGTIMES - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kembali menggelar kegiatan keagamaan rutin tahunan bertajuk Unikama Bersalawat. Tempatnya di halaman Kampus Unikama pada Senin (7/10/2019) malam.

Kegiatan Unikama Bersalawat ini sudah berlangsung delapan kali. Sama dengan sebelumnya, ribuan jamaah datang dari segala penjuru Malang Raya.

Perwakilan Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia (PPLP PT PGRI), yayasan yang menaungi Unikama, Drs Abdoel Bakar Ts MPd menjelaskan, dalam kegiatan rutin  ini, yang paling dasar adalah bertujuan melakukan syiar Islam, khususnya di lingkungan warga kampus.

"Dengan siraman rohani, tentunya akan berdampak pada iklim kerja, iklim belajar-mengajar yang damai dan tenang yang membuat semuanya berjalan lancar," ungkapnya.

Di samping sebagai kegiatan rutin tahunan, Unikama Bersalawat juga merupakan wujud doa agar apa yang diinginkan ke depan, khususnya bagi Unikama, bisa menjadi tumpuan dalam pendidikan guna mencerdaskan kehidupan bangsa. "Apa yang diinginkan dan akan dicapai oleh Unikama semoga bisa diridai  Allah," ungkap Abdoel Bakar.

Drs Sulistyo  MAk, pembina Al Farabi sekaligus ketua pelaksana Unikama Bersalawat, mengatakan,  rutinan Majelis Taklim Ar Ridwan ini setiap tahun selalu menggunakan tajuk Unikama Bersalawat. Tujuannya supaya agar bisa selalu mengingat bahwa setiap tahun Unikama mempunyai kegiatan keagamaan seperti ini (Unikama Bersalawat). 

Selain itu, senada dengan apa yang disampaikan Abdoel Bakar,  adanya kegiatan ini diharapkan bisa memberikan kesejukan dan ketenteraman untuk Unikama. "Kami mengundang Habib Jamal bin Toha Baagil selaku pimpinan Majlis Ta’lim wal Maulid Ar-Ridwan. Kemudian Habib Abdul Qodir Mauladawilah, Habib Umar, Habib Ahmad, Habib Sholeh, KH Achmad Wachid Ghozali (Gus Wahid), para kiai dan alim ulama se-Malang Raya," ungkapnya.

Selain bertabur ulama, Unikama Bersalawat dihadiri ribuan jamaah.  Sempat diwarnai kejadian mati lampu, namun kegiatan tetap berjalan dengan khidmat.  Bahkan para jamaah tetap melantunkan salawat sembari dipenuhi  cahaya lampu HP yang membuat suasana semakin khusyuk dan indah.