Aparat Kepolisian melakukan simulasi pengamanan menggunakan floor tactical games
Aparat Kepolisian melakukan simulasi pengamanan menggunakan floor tactical games

MALANGTIMES - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan digelar Rabu (9/10/19). Aparat keamanan memastikan kesiapan pengamanan di 130 Desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak. Sejumlah skenario pengamanan telah disiapkan untuk memastikan pelaksanaan Pilkades berjalan dengan lancar dan aman.

Kabag OPS Polres Banyuwangi Kompol Sumartono menyatakan, pasukan pengamanan akan digeser ke 1.015 TPS yang tersebar di seluruh Banyuwangi usai apel  yang akan digelar Selasa (8/10/19) pagi. Jumlah personel yang disiapkan sebanyak 915 personel Kepolisian, 150 anggota TNI AD dari Kodim 0825, 40 anggota TNI AL dari Lanal Banyuwangi dan 10 anggota CPM. Ada juga tambahan 2.030 personil Linmas.

"Kami juga mendapatkan perkuatan keamanan BKO dari Brimob Polda Jatim sebanyak satu satuan setingkat kompi (100 personil), satu regu  Jibom (10 personil), 34 personil dari Polres Bondowoso, 52 personil Polres Situbondo, dan 93 personil Polres Jember," jelas

Dia menambahkan, pasukan tersebut akan ditempatkan sesuai dengan zona yang telah ditentukan. Banyuwangi, kata Dia, dibagi menjadi 3 zona. Masing-masing zona membawahi beberapa rayon. Sedangkan Rayon membawahi beberapa wilayah yang terdiri dari Polsek-polsek jajaran di seluruh Banyuwangi.

Polisi telah mengelompokkan TPS menjadi 3 kategori yakni kategori Aman, Rawan dan sangat Rawan. Kategori rawan ini dipengaruhi lokasi  TPS yang berada di satu tempat yang sama. Kategori ini berada di wilayah Wongsorejo, Siliragung, Singojuruh, Songgon, Kalibari dan Cluring. Ada pula kategori rawan karena ada bakal calon yang tidak lulus seleksi menjadi calon. Kategori ini berada di 14 Desa.

"Pola pengamanan TPS akan disesuaikan dengan kategori TPS. Kategori aman menggunakan pola 1:3:6 (satu Polisi mengamankan 3 TPS dibantu 6 Linmas) dan 1:2:4 (satu Polisi mengamankan 2 TPS dibantu 4 Linmas). Untuk kategori rawan dengan pola 1:1:4 (satu Polisi mengamankan satu TPS dibantu 4 Linmas)," jelasnya.

Pasukan Brimob, lanjut Sumartono akan ditempatkan di tiga lokasi yakni wilayah Kota Banyuwangi, Muncar dan Genteng. Ini untuk memudahkan pergeseran jika sewaktu-waktu dibutuhkan. "Untuk unit Jibom memang kita minta. Unit Jibom akan di-standby-kan untuk mengantisipasi jika terjadi teror bom," pungkasnya.