MALANGTIMES - Ribuan spesies anggrek dari berbagai nusantara di Indonesia hadir di Batu Shining Orchid Week 2019 di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani. Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari Rp 50 ribu hingga puluhan juta per pohonnya.

Pameran itu berlangsung sejak Senin (7/10/2019) hingga Minggu (13/10/2019) mendatang. Totalnya ada 40 stan yang menjual beragam jenis varietas di dalam Graha Pancasila. “Mereka datang dari berbagai daerah, mulai dari Sulawesi, Papua, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, dan sebagainya,” ungkap Novianto, Ketua PAI Malang Raya.

Digelarnya pameran anggrek ini untuk mengedukasi masyarakat dan pelajar. Agar mereka tahu ada beragam keindahan jenis anggrek dari Indonesia. “Untuk mengenalkan potensi anggrek, juga memberikan edukasi kepada pelajar. Karena yang lihat itu banyak pelajar juga,” imbuhnya. 

Selain itu juga untuk mempromosikan hasil pertanian anggrek para petani Kota Batu. Selama ini memang banyak petani anggrek berasal dari Kota Batu, sehingga kegiatan ini juga diharapkan mampu memotivasi para petani untuk terus mengembangkan anggrek. 

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, beragam varietas yang disuguhkan dalam pameran itu membuatnya ingin memiliki tanaman anggrek tersebut. Sebab beragam varites itu memiliki bunga yang unik dan dengan beragam warna yang nencolok.

“Koleksi yang ada di pameran itu sungguh-sungguh indah. Sangat menarik sekali, bagi penghobi anggrek wajib datang ke sini. Bagi masyarakat juga bisa agar mendapatkan edukasi, karena banyak jenis varietasnya,” ucap Dewanti.

Ia pun berharap dengan adanya pameran Batu Shining Orchid Week bisa membantu menambah kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Batu. “Ya berharapnya dengan adanya pameran ini selama satu minggu bisa menambah jumlah wisatawan, kemudian setiap tahunnya bisa datang lagi,” harapnya.