MALANGTIMES - Kenalkan Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo sebagai wilayah anggrek, tak tanggung-tanggung 4 ribu anggrek ditanam serentak di Kelurahan Kelurahan Dadaprejo, Minggu (6/10/2019).

Anggrek yang ditanam itu ada tiga spesies bibit yakni Anggrek Dendrobium lasianthera, Anggrek Dendrobium Spectabile, dan Anggrek dendrobium stratiotes. 

Semula hanya 3 ribu bibit saja yang ditanam serentak, namun antusias yang tinggi sehingga tembus hingga 4 ribu, Minggu (6/10/2019).

Acara itu dikemas apik melalui event Trilogi Dadaprejo ‘Menanam, Merawat, dan Menuai’ nantinya agar tanaman anggrek yang dibawa pulang oleh masyarakat itu bisa tumbuh dengan subur hingga berbunga.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan event ini merupakan hal yang sangat bagus, untuk mewujudkan Kelurahan Dadaprejo sebagai kampung anggrek. 

Hal ini harus ditunjukkan kepada wisatawan untuk mengenal kampung anggrek.

“Tanam anggrek sampai 4 ribu ini merupakan hal yang langka dan terbanyak di Indonesia. Ini sebagai wujud masyarakatnya komitmen ingin membesarkan nama daerahnya,” ucap Dewanti.

Melihat memang pada tahun ini, Kelurahan Dadarejo mulai mengembangkan sebagai kampung anggrek. 

Sehingga perlu didukung dengan beragam kegiatan-kegiatan mendukung hadirnya kampung anggrek ini.

Hadirnya kampung Anggrek itu karena memang masyarakat di sana banyak yang membudidayakan anggrek. 

Bahkan, dari mereka seringkali mengikuti kontes anggrek hingga tingkat nasional.

“Bahkan dari mereka memang sudah berkompeten di bidang itu. Totalnya kurang lebih ada 40 orang yang membudidayakannya,” imbuhnya.

Sementara itu petani Anggrek Kelurahan Dadaprejo Renantanda Dedek Setia Santoso menambahkan, saat ini di kampung Anggrek ada 40 petani yang mengembangkan anggrek.

“Karena itu melalui kegiatan ini supaya kampung anggrek ini bisa lebih dikenal masyarakat luas,” jelas Dedek.

Dengan kegiatan ini juga upaya edukasi masyarakat. 

Bagaimana caran menanam naggrek mulai dari bibit.

Selain itu juga terdapat pameran beragam spesies anggrek. Lalu juga ada batik, dan sebagainya.