MALANGTIMES - Jalan Ksatrian Arhanud, Desa Pendem Kecamatan Junrejo sedang dipenuhi dengan bermekarannya pohon dengan bunga warna kuning yakni tabebuya. 

Bukan hanya itu, kali ini juga dilengkapi dengan deretan alat utama sistem pertahanan (alutsista), Minggu (6/10/2019).

Setelah Desa Pendem ramai dikungungi wisatawan lantaran keindahan pohon tabebuya itu digelar Festival Tabebuya, sekaligus pamerah Alutsista, juga untuk mewarnai hari ulang tahun TNI.

Keindahan bunga tabebuya itu semakin lengkap dengan hadirnya belasan alusista milik Pusat Pendidikan Artileri Pertahanan Udara (Pusdik Arhanud). 

Tentunya hal ini menjadi daya tarik wisatawan dan masyarakat sekitar.

Banyak dari mereka yang antusias melakukan swafoto dengan alusitas ditambah latarbelakang pohon tabebuya. 

Ditambah dengan keterangan masing-masing alutsista tepat di sampingnya.

Karena memang festival ini sekaligus untuk edukasi bagi masyarakat sekitar. Melihat pameran seperti ini tak akan mudah dijumpai di daerah lain.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko pun terpukau dengan keindahan tersebut. Ditambah dengan hadirnya pameran alutsista.

“Ini suatu acara yang luar biasa, dari tahun ke tahun cuma bisa lihat lewat instagram di sini, mau ke sini enggak sempat. Sangat indah, tolong diacarakan setiap tahun,” kata Dewanti.

“Kalau bisa bukan gawe Desa Pendem tapi Pemkot Batu. Bisa dikolaborasikan dengan ulang tahun Kota Batu,” imbuhnya.

Bahkan Dewanti pun ingin pohon tabebuya di Kota Batu menjadi viral dan diunggah di beragam media sosial.

Sementara itu Komandan Pusdik Arhanud Desa Pendem Kolonel Arh Syaepul Mukti Ginanjar menambahkan event yang digelar pemuda Karang Taruna dan pemuda Kestarian Pusdik Arhanud itu bisa menjadi event tahunan.

“Sehingga ke depan kita bisa mengupdate alutsista apa saja yang baru, bisa kita hadirkan di tengah-tengah masyarakat,” ucap Syaipul.