Petugas DPUPR Kota Batu saat mengangkat sampah yang ada di dalam saluran drainase dan gorong di Jalan Panglima Sudirman sebelum musim hujan.
Petugas DPUPR Kota Batu saat mengangkat sampah yang ada di dalam saluran drainase dan gorong di Jalan Panglima Sudirman sebelum musim hujan.

MALANGTIMES - Saat musim hujan, banjir masih menghantui Kota Batu di beberapa sudut Kota Batu. Untuk itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu sudah mempersiapkan membangun tim untuk mengkondisikan saluran drainase.

Jika pada tahun sebelumnya, Pemkot Batu hanya mengerahkan 1 tim kini langsung diterjunkan dua tim untuk mengkondisikan jika terdapat genangan air. Dua tim ini diterjunkan lansung dalam satu hari. “Kami berupaya nantinya untuk mengkondisikan genangan air dengan cepat,” kata Sekretaris DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat.

Dua tim ini nantinya terus begerak melakukan normalisasi drainase di jalan Protokol khususnya. Seperti di Jalan Panglima Sudirman, Jalan Diponegoro, Jalan Patimura, dan sebagainya.

Apalagi saat melakukan normalisasi beberapa hari itu masih ditemukan sampah pada drainase. Seperti sampah bungkus makanan, celana, baju, ranting-ranting, material, kasur, dan sebagainya. 

Ia menambahkan jika masyarakat Kota Batu yang mengetahui drainase dan gorong-gorong yang sering terjadi genangan air saat hujan tiba bisa melaporkan ke DPUPR. Untuk kemudian akan ditindak lanjuti oleh DPUPR Kota Batu. “Kami juga menghimbau agar masyarakat bersama-sama untuk lebih peduli terhadap lingkungannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan sering membersihkan selokan disekitarnya,” imbaunya.