Petugas DPUPR Kota Batu saat mengangkat sampah yang ada dalam saluran drainase dan gorong di Jalan Panglima Sudirman sebelum musim hujan.
Petugas DPUPR Kota Batu saat mengangkat sampah yang ada dalam saluran drainase dan gorong di Jalan Panglima Sudirman sebelum musim hujan.

MALANGTIMES - Musim hujan yang diperkirakan bakal berlangsung pada bulan November mendatang telah diantisipasi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu. DPUPR Kota Batu melakukan normalisasi saluran drainase dan dan gorong-gorong yang ada di Kota Batu. 

Normalisasi dilakukan di sejumlah titik karena biasanya pada saluran drainase tersumbat kotoran, imbasnya air menggenangi jalan.  “Sebelum musim kemarau ini berakhir, kami berupaya untuk membersihkan drainase yang ada di Kota Batu. Mencegat terjadinya banjir jika musim hujan datang nanti,” kata Sekretaris DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat.

Beberapa titik jalan yang sudah dilakukan pengecekan oleh tim di antaranya, Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Songgokerto Kecamatan Batu. Melihat daerah tersebut sering tergenang setiap musim hujan. “Setiap hari tim kami keliling mengecek drainase di seluruh Kota Batu,” ungkapnya. Kali ini tim DPUPR Kota Batu membersihkan drainase di Jalan Panglima Sudirman.

Di sana tim tersebut mendapati sampah seperti sampah bungkus makanan, celana, baju, ranting-ranting, material, hingga kasur dan sebagainya. Tumpukan sampah yang ada di saluran drainase dan gorong-gorong tersebut jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan banjir.  “Sehingga perlu dilakukan pengangkatan agar saluran berfungsi dengan sempurna,” jelas mantan Kepala Bidan Bina Marga DPUPR kota Batu.

Bukan hanya di satu lokasi DPUPR Kota Batu juga membersihkan sampah di area Jalan protokol seperti Jalan Suropati dan Jalan Diponegoro. Sepanjang drainase tersebut masih banyak terdapat sampah yang memicu terjadinya genangan air.

Menurutnya Selain sampah DPUPR Kota Batu juga memperbaiki grill drainase yang rusak. Untuk grill drainase yang rusak langsung diganti agar sampah tak mudah masuk dalam saluran