MALANGTIMES - Bagi dosen-dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang masih Strata 2 (Magister), sebaiknya segera mengurus untuk mengambil pendidikan Strata 3 (Doktor). Sebab, pemerintah akan memberlakukan peraturan bahwa dosen-dosen di PTS itu harus S3, setidaknya dalam 10 tahun lagi.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VII, Prof Dr Ir Suprapto DEA saat ditemui di kampus Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) ASIA Malang beberapa waktu yang lalu.

"Pemerintah akan memberlakukan bahwa dosen-dosen di PTS harus S3, dalam lima tahun atau paling lambatnya 10 tahun lagi dari sekarang," ucapnya.

"Karena PNS sudah dipersyaratkan S3, itu mulai Juli 2019 kemarin," imbuhnya.

Perlu diketahui, Presiden Joko Widodo pada 3 Juli 2019 lalu telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17 Tahun 2019.

Nah, aturan yang termuat dalam Keppres itu mengatur syarat kualifikasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk dosen, peneliti, dan perekayasa harus Strata 3 (Doktor).

Selain itu, pemerintah juga memperlonggar batas usia pelamar dari semula maksimal 35 tahun menjadi maksimal 40 tahun untuk enam jabatan dalam penerimaan CPNS.

"Biasanya 5 tahun atau 10 tahun lagi," ungkapnya kepada dosen-dosen PTS.

Untuk itu, Suprapto mengimbau kepada dosen-dosen muda untuk mengambil pendidikan S3 mulai dari sekarang. Tak tanggung-tanggung, ia menyarankan agar para dosen mengambil pendidikan S3 di luar negeri.

"Menurut saya ambillah S3 di luar negeri. Tidak usah tanggung-tanggung, sama-sama sekolahnya. Saya mensuport Anda sekalian untuk S3 di luar negeri, apapun itu, mau di mana saja, Amerika, Inggris, mana saja," ucapnya kepada para dosen.

Dalam mensupport para dosen untuk S3, kata Suprapto, pemerintah juga mencairkan dana. Untuk itu, seharusnya kendala dana tidak menjadi persoalan besar.

"Yang menjadi kendala, dosen-dosen biasanya merasa cukup S2. Dan memang minimal S2. Tetapi, berikutnya syarat yang akan berlaku itu S3. Jadi sudah harus mulai," ucapnya saat diwawancarai awak media.

Syarat S3 sendiri adalah syarat dari sisi syarat formal. Namun, ia menegaskan, dari sisi keilmuan, dosen seharusnya memang S3.

"Dari segi keilmuan kalau dosen ya mustinya S3. Mengajarkan kepada mahasiswa, S3 itu ilmunya mantap. Kalau sudah S3 ya profesor, lebih mantap lagi," pungkasnya.