MALANGTIMES - Setiap guru mau tidak mau harus mampu menghasilkan karya tulis ilmiah seperti artikel, makalah, buku teks, dan modul yang sangat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan  pendidikan. Berbagai kegiatan ilmiah beserta hasilnya tersebut akan sangat bermanfaat bagi banyak pihak jika ditulis dan dipublikasikan.

Selain manfaat bagi banyak pihak, kemauan guru menulis karya ilmiah juga sangat bermanfaat bagi guru sendiri. Kemauan guru menulis akan meningkatkan pengetahuan dan wawasan guru karena guru akan senantiasa terdorong untuk mengumpulkan bahan-bahan tulisan dari berbagai sumber terkait dengan apa yang ditulisnya, kemudian mempelajarinya.

Hal ini tentu saja akan menunjang penguasaan kompetensi profesional guru, khususnya penguasaan ilmu pengetahuan yang menjadi bidangnya.

Karir atau jabatan guru pun dapat meningkat seiring peningkatan keterampilan guru dalam menghasilkan karya tulis yang banyak dan berkualitas. Ini berarti akan ada peningkatan dari aspek kesejahteraan, yaitu peningkatan penghasilan (gaji dan tunjangan).

Nah, di Kota Malang, para guru diberi fasilitas untuk berkonsultasi karya ilmiah oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang. "Kepala sekolah maupun guru yang mau naik pangkat,manakala ada kesulitan dalam pembuatan karya ilmiah atau juga pembuatan pelaporan-pelaporan, ada pembinaan di Dinas Pendidikan," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra Zubaidah MM.

Pembinaan tersebut tanpa batas waktu. Kapan pun guru maupun kepala sekolah bisa berkonsultasi di Dinas Pendidikan, tepatnya di Dewan Pendidikan.

"Ini tanpa batas waktu. Kapan pun itu bisa berkonsultasi karena kita memiliki Dewan Pendidikan. Di situ stand by untuk Bapak Ibu manakala ada konsultasi-konsultasi, kesulitan-kesulitan, dalam rangka pembuatan karya ilmiah yang nantinya bisa dijurnalkan sekaligus juga bisa untuk kenaikan pangkat," bebernya.

Lebih dari itu semua, hasil dan dampak positif dari kemauan dan kemampuan menulis karya ilmiah guru akan menjadi pintu masuk ’dunia penuh prestasi’ sehingga guru lebih termotivasi untuk berprestasi.