PCNU Kota Malang Tegas Katakan Tak Layak Memberi Nama 'Setan' ke Makanan

Oct 03, 2019 11:04
Logo Nahdatul Ulama (NU) (istimewa)
Logo Nahdatul Ulama (NU) (istimewa)

MALANGTIMES - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat (Sumbar) yang mengharamkan penggunaan nama makanan disertai kata-kata setan, iblis, neraka ditanggapi oleh PCNU Kota Malang memang tidak layak memberikan nama yang tidak bagus terhadap makanan.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang menanggapi terkait MUI Sumbar yang telah mengharamkan nama makanan dengan kata setan, iblis, neraka dan sebagainya.

Baca Juga : Nongkrong Suasana Asri, Sejuk, dan Tenang Tak Jauh dari Pusat Kota Malang

Melalui KH Chamzawi, PCNU Kota Malang mengaku bahwa makanan yang dijual meski dengan rasa pedas tidak harus diberikan nama yang tidak bagus.

"Itu memang kan seharusnya terkait nama, saya tahu hal itu, tapi ya sebaiknya pemberian nama itu yang bagus, jangan yang seperti itu," katanya.

Mendengar kabar bahwa MUI Sumbar yang telah mengeluarkan fatwa haram untuk pemberian nama makanan yang dirasa tidak baik, PCNU Kota Malang mengatakan bahwa di daerah yang dipimpin oleh Drs. Sutiaji ini belum ada pergerakan yang sama. Tapi KH Chamzawi tetap mengatakan bahwa penamaan tersebut tidak layak karena juga banyak anak-anak yang mengkonsumsinya.

"Di sini belum seperti itu kayaknya, tapi memang sebenarnya kan itu saking pedesnya jadi begitu. Kalau masalah makanan yang dijual walaupun pedas kan tidak masalah, tapi hanya karena penamaannya saja saya kira tidak layak, karena nabi saja menganjurkan memberi nama yang baik," ungkapnya.

Kedepan, KH Chamzawi menyebut akan membicarakan hal seperti ini ketika bertemu dengan pimpinan daerah dan legislatif di Kota Malang.

Baca Juga : Cake Kampanye Diabetes, Bikin Auto Bye Bye Makanan Manis Nih

"Kedepan saya kira akan membicarakan kepada teman-teman di Pemkot dan wakil rakyat di DPRD, InsyaAllah kalau ketemu akan saya bicarakan," pungkasnya.

 

Topik
MalangBerita MalangMajelis Ulama IndonesiaMakanan haram dengan kata setanPCNU Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru