Batu Robotics Week
Batu Robotics Week

MALANGTIMES - Jatim Park 3 punya gawe besar selama satu pekan. Yaitu mengadakan: Lomba Batu Robotics Week. Untuk tanggal dimulai: 6 sampai 13 Oktober 2019.

Robot yang bakal dilombakan seperti: rescue (penyelamat), soccer (adu sepakbola), dan sumo (gulat). Kemudian ada lomba robot di bidang low cost (robot daur ulang). Lalu, lomba robot underwater (robot penyelam).

Objek wisata yang terletak di Jalan Raya Ir Soekarno Desa Beji ini mengupayakan agar minat dan skill para penghobi dan pecinta otak-atik robot tersalurkan dengan baik. Selain itu, hasrat menularkan bakat kian tertampung dengan bagus. Sehingga kelak bisa membuat robot handal dan menjadi pakar profesional robotika di masa depan.

Syafira Salmani Akhmalia salah satu Tim Edukasi Penyelenggara: Batu Robotics Week Jatim Park 3 menyatakan, kompetisi robot-robot tersebut sudah menjadi even tahunan. Dan pada 2019, menjadi yang kedua kali adanya pelaksanaan kegiatan membuat kreasi yang dapat bergerak layaknya perilaku manusia dari bahan logam.

Tentu, dengan adanya turnamen robot modern ini, diharapkan jiwa dan ide membuat robot bermunculan di Jawa Timur. Sebab, gagasan kreatif dan inovatif untuk membuat robot tersalurkan dengan apik.

"Untuk mengubah mindset masyarakat luas. Menjadi wadah bagi para pecinta inovator robot. Makanya harus kreatif dan inovatif. Lomba robot gratis buat pendaftar se-Jawa Timur (Jatim). Mulai tingkat: SD, SMP, dan SMA. Ada juga buat kategori umum. Jadi ayo daftar," ajak gadis tamatan SMAN 1 Kota Batu kepada JatimTIMES di sela-sela kesibukannya.

Alumnus  STT Malang Jurusan Ilmu Komunikasi ini menekankan, ajang lomba robot diikuti para robot yang berteknologi tinggi. Sebab, zaman sudah maju dan canggih, tentu inovatif dan kreatif yang menjadi titik tekan dalam kontes.

Penghobi traveling ini menambahkan kompetisi robot bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu dengan Jatim Park 3. Sebab, untuk hadiah tentu dari pihak Pemkot Batu. Buat para sang juara robot tersebut.

"Memperkenalkan robot yang berteknologi modern. Dan hadiah dari Pemkot Batu," beber perempuan yang tinggal di Kelurahan Ngaglik ini.

Sekadar tambahan acara kontes: Batu Robotics Week direncanakan akan dibuka Walik Kota Batu, Dewanti Rumpoko. Turut hadir Kapolres Batu, Harviadhi Agung Prathama, SIK, MIK. Dinilai dari dewan juri, serta hadir meramaikan dari pihak manajemen Jatim Park Group dan wisatawan luas.