Angin Kencang, Pohon Tumbang Terjadi di Desa Pendem-Torongrejo

Oct 02, 2019 15:33
Pohon dengan diameter 100 centimeter dan tinggi 20 meter tumbang di Jalan Ngukir, Dusun Ngukir, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Rabu (2/10/2019).
Pohon dengan diameter 100 centimeter dan tinggi 20 meter tumbang di Jalan Ngukir, Dusun Ngukir, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Rabu (2/10/2019).

MALANGTIMES - Pohon tumbang merupakan hal yang rentan terjadi saat ada angin kencang di wilayah Kota Batu. Kali ini angin kencang menumbangkan pohon di Desa Pendem dan Desa Torongrejo, Rabu (2/10/2019).

Pohon tumbang yang terjadi di Jalan Drs Moh Hatta, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo itu terjadi pukul 13.15. Mengakibatkan Pohon Akasia dengan diameter 20 cm dan tinggi 12 meter tumbang ke jalan raya.

Baca Juga : Riset: Surabaya, Gresik, dan Malang Selatan Alami Perubahan Ketinggian Permukaan Tanah

“Saat kejadian ini arus lalu lintas sempat ditutup untuk sementara waktu untuk melakukan pembersihan, dan saat ini sudah dibuka kembali,” ungkap Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Selang 15 menit atau pukul 13.30 juga terjadi pohon tumbang di  jalan Ngukir, Dusun Ngukir, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo. Mengakibatkan Pohon dengan diameter 100 centimeter dan tinggi 20 meter tumbang ke jalan dan menutup sebagian jalan.

“Bukan hanya itu saja, pohon yang tumbang mengakibatkan juga plengsengan ambrol dengan dimensi 2 meter dan tinggi 1,5 meter,” imbuhnya.

Menurutnya beberapa area yang rawan pohon tumbang diantaranya Jalan Ir. Soekarno, Jalan Panglima Sudirman, dan Jalan Trunojoyo. Pohon di sana cukup rawan lantaran di daerah tersebut banyak pohon yang besar dan berusia tua.

Melihat kondisi angin kencang BPBD Kota Batu mengimbau kepada masyarakat Kota Batu agar waspada dan berhati-hati bila beraktivitas atau berkendara di jalan raya.

Baca Juga : Warga Keluhkan Limbah Pabrik Susu, DLH Kabupaten Malang Bakal Pantau Lewat CCTV

“Meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kerusakan material bangunan seperti genting, banner, baliho dan lainnya yang berpotensi jatuh atau roboh,” jelas Rochim.

Kemudian tidak parkir kendaraan di bawah pohon atau baliho. Untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran di kawasan hutan dan pembakaran sampah secara sembarangan.

“Dan melaporkan  jika mengetahui ancaman atau potensi bahaya dan mengetahui kejadian darurat ke Posko Penanggulangan Bencana BPBD Kota Batu,” imbaunya.

Topik
MalangBerita MalangPohon tumbang di jalan rayaAngin kencangJL Moh Hatta Desa pendem kec Junrejojalan Ngukir Dusun Ngukir Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo

Berita Lainnya

Berita

Terbaru