Petugas saat membenahi atas rumah di Jalan Dorowati, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.
Petugas saat membenahi atas rumah di Jalan Dorowati, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

MALANGTIMES - Angin kencang menimpa Kota Batu selama beberapa hari ini. Akibat dari angin kencang pada Rabu (2/10/2019) hingga membuat atap kanopi melayang.

Diketahui atap kanopi yang melayang itu merupakan milik MI Miftahul Ulum Kota Batu. Hingga akhirnya atap kanopi menimpa atap rumah warga di Jalan Dorowati, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

“Cuaca di Kota Batu sejak pagi hari memang disertai angin kencang hingga saat ini. Mungkin atap ini tidak kuat sehingga diterjang angin,” ungkap Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Saat atap kanopi itu melayang langsung menimpa rumah milik Kastria di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Langsung menimpa atap dengan panjang 7 meter dan lebar 4 meter.

“Mengetahui hal ini kita melakukan kaji cepat. Lalu koordinasi dengan pihak sekolah MI Miftahul Ulum,” imbuhnya.

Hasil dari koordinasi lanjut Rochim, langsung dilakukan upaya perbaikan rumah oleh dari pihak sekolah MI Miftahul Ulum. Melihat kondisi angin kencang BPBD Kota Batu mengimbau kepada masyarakat Kota Batu agar waspada dan berhati-hati bila beraktivitas atau berkendara di jalan raya.

“Meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kerusakan material bangunan seperti genting, banner, baliho dan lainnya yang berpotensi jatuh atau roboh,” ucapnya.

Kemudian tidak parkir kendaraan di bawah pohon atau baliho. Untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran di kawasan hutan dan pembakaran sampah secara sembarangan.

“Dan melaporkan jika mengetahui ancaman atau potensi bahaya dan mengetahui kejadian darurat ke Posko Penanggulangan Bencana BPBD Kota Batu,” imbaunya.