MALANGTIMES - 65.525 daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Batu meramaikan pemilihan kepala desa (pilkades) Rabu (2/10/2019) di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jumlah tersebut dari 11 desa yang mengikuti pilkades serentak. 

Hingga saat ini suasana di masing-masing 11 desa masih terpantau ramai. Masyarakat terlihat keluar masuk untuk menyuarakan pilihannya di balik bilik suara. Totalnya di masing-masing TPS itu ada 10 bilik suara.

Sehingga masyarakat yang menyoblos surat suara tidak perlu mengantre. Sedangkan untuk jumlah kotak suara tergantung masing-masing dusun di setiap desanya.

Para calon kepala desa pun dengan nyaman menyaksikan proses masyarakat melakukan pencoblosan. Seperti halnya di Desa Beji Kecamatan Junrejo, tempat duduk bagi calon kepala desa itu terlihat cukup mewah.

Tempat duduk calon kepala desa layaknya seperti hajatan pernikahan. Kemudian juga didesain kuade dengan ornamen latar belakang ukiran kayu, bunga-bunga, dan dua gunungan yang cukup besar.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, masing-masing TPS memiliki inovasi masing-masing dalam menghias ruang untuk calon kepala desa mereka. Tentunya ini juga untuk menjadi perhatian oleh masyarakat.

“Selain itu dalam proses pencoblosan di setiap TPS itu aman, dan terlihat sangat kondusif,” kata Dewanti.

Sementara itu, dari 65.525 DPT pilkades rinciannya, di Kecamatan Bumiaji diikuti lima desa dengan jumlah 29.288 pemilih. Antara lain, di Desa Punten ada 4.022 DPT. Lalu di Desa Gunungsari, dua calon kades akan berebut 5.316 suara.

Kemudian di Desa Tulungrejo, lima calon kepada desa akan berebut suara 6.912 DPT. Dan di Desa Bumiaji, ada tiga calon yang bersaing merebut suara 5.265 DPT.

Lalu di Kecamatan Junrejo, dengan sembilan calon kades dari tiga desa, ada 17.845 DPT. Rinciannya, di Desa Junrejo ada 7.431 DPT yang akan memilih dua calon kepala desa. Di Desa Beji ada 5.948 DPT yang akan memilih tiga calon kepala desa.  Dan di Desa Torongrejo, empat calon kepala desa berebut 4.466 DPT. 

Sedangkan untuk Kecamatan Batu, ada tiga desa dengan jumlah 18.392 DPT. Rinciannya di Desa Sumberejo,  5.201 DPT memilih 5 calon kepala desa. Lalu di Desa Oro-Oro Ombo, ada empat calonnya yang nasibnya ditentukan 7.025 DPT. Untuk Desa Sidomulyo, lima calon kades akan dipilih 6.166 DPT.