MALANGTIMES - Pasar online rupanya cukup berdampak pada aktivitas sejumlah mal di Kota Malang. Beberapa yang menjadi sorotan, mulai Mal Ramayana, mal di Dieng, dan yang masih kategori baru yakni Mal Dinoyo.

Bahkan ada kabar yang menyebut, jika mal-mal ini tengah kelimpungan mengatasi pasarnya hingga ada rencana untuk melepas kontrak dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Kabar ini muncul dari Mal Dinoyo, yang juga telah terdengar sampai DPRD Kota Malang. Dimana, banyak penjual yang merasa kurang nyaman lantaran pembeli dari hari ke hari kian berangsur sepi.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika menyatakan pihaknya memang telah mendegar informasi itu. Saat ini untuk tanggung jawan Mal Dinoyo itu berada pada pihak investor PT Citra Gading Asritama. Kabarnya juga, induk perusahaan tersebut tengah dalam masalah hukum yang menjadikan pengelolaan mal terganggu.

"Saya memang mendengar itu, tapi belum saya cek. Apakah benar pengelola ada tunggakan pajak, ini yang masih akan kami konfirmasi," ujar dia.

Rumor yang beredar, Mal Dinoyo ingin melempar pengelolaan ke Pemkot Malang. Namun, Made menjelaskan pengelolaan itu tidak bisa serta merta diserahkan ke Pemkot dengan gampang. Mengingat, mal yang beroperasi sejak 2015 itu masih menjadi tanggung jawab investor selama kurang lebih 30 tahun.

"Ini kan baru berjalan 4, 5 tahunan lah. Kalau memang mau diakhiri, harus melalui Adendum. Dan perubahan Perjanjian Kerjasama (PKS) nya itu harus melibatkan pihak Pemkot Malang, Investor dan persetujuan DPRD," imbuhnya.

Lebih lanjut, pria asal Bali ini mengatakan masih harus dilakukan kajian lebih lanjut jika Pemkot Malang bakal langsung menerima penyerahan pengelolaan pasar. Seperti PKS yang harus diteliti ulang, sehingga jika memang harus dialihkan maka tidak akan menyebabkan kerugian bagi Pemkot Malang.

"Jika salah satu pihak memutus kerja sama itu ada punishmentnya apa nggak? Itu coba kita lihat lagi. Apakah Pemkot harus ada mengganti? kan ini juga harus dikaji lebih dalam, jangan sampai ini malah merugikan Pemkot," tandasnya.