MALANGTIMES - Pemilihan Kepala Desa (pilkades) Kota Batu berlangsung Rabu (2/10/2019). Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengimbau kepada masyarakat menggunakan batik sekaligus memperingati Hari Batik Nasional. Bukan hanya sekadar batik, namun Dewanti meminta agar masyarakat gunakan batik khas Kota Batu. “Seluruh masyatakat Kota Batu dupaya Waktu nyoblos pakai batik khas Kota Batu,” kata Dewanti, Selasa (2/10/2019).

Ia menjelaskan, sebagai bangsa Indonesia, masyarakat juga harus ikut melestarikan kebudayaan yang dimiliki, salah satunya dengan menggunakan batik sebagai warisan budaya. Namun yang digunakan khususnya batik Kota Batu. “Kalau Kota Batu kan punya batik khusus, jadi lebih baik gunakan batik Kota Batu. Sekaligus mempromosikan,” imbuhnya. 

Ya Dewanti meminta agar masyarakat menggunakan batik khas Kota Batu sekaligus untuk mengenalkan kepada khalayak umum. Ini juga upaya menguatkan batik khas Kota Batu. “Jadi saya mengharapkan saat nyoblos besok masyarakat Kota Batu bisa pakai Batik khas Kota Batu,” harap istri Eddy Rumpoko. 

Sedang dalam Pilkades Rabu, terdapat 38 calon kepala desa dari 11 desa. Yakni di Kecamatan Junrejo ada Desa Junrejo, Desa Beji, dan Desa Torongrejo. 

Kemudian di Kecamatan Batu ada Desa Sumberejo, Desa Oro-Oro Ombo, dan Desa Sidomulyo. Sedangkan di Kecamatan Bumiaji ada di Desa Bumiaji, Desa Punten, Desa Giripurno, Desa Tulungrejo, dan Desa Gunungsari.