Petugas saat memadamkan api di Gunung Arjuno. (Foto: istimewa)
Petugas saat memadamkan api di Gunung Arjuno. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - 36 orang terbagi dari 4 tim terus berupaya memadamkan kebakaran lahan hutan di Gunung Arjono, Kota Batu, Senin (30/9/2019). Hingga saat ini kondisinya sebagian lahan yang terbakar presentasinya 80 persen. “Penanganan kebakaran hutan Gunung Arjuno sampai hari ini dengan pukul 16.30 WIB, 80 persen api sudah padam,” kata Achmad Choirur Rochim Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Ia menambahkan kondisi 80 persen api padam itu berada di area Gunung Kembar Satu dan Kembar Dua untuk bagian barat. Sedangkan untuk Lereng Timur Gunung Kembar Dua dilakukan penyisiran titik api menuju ke arah Lapangan Kotak.

“Seperempat area hangus terbakar. Tim 1 dan tim 2 yang berangkat pada Sabtu (28/9/2019) sudah perjalanan turun dan saat ini sampai di pos 3,” imbuhnya.

Menurutnya dalam pemadaman ini menerjunkan 36 orang terbagi dari 4 tim. Rinciannya, Tim 1 ada 10 orang dan Tim 2 ada 9 orang. Lalu untuk Tim 3 berjumlah 12 personil dan Tim 4 ada 6 personel. Kebakaran hutan itu terjadi pada Sabtu (28/9/2019) pukul 19.00 WIB di Gunung Arjuna tepatnya berada di Gunung Kembar Satu. 

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Saat itu juga tim dari Tahura sejumlah 31 personel menuju lokasi untuk melakukan pemadaman secara manual dan api dapat dipadamkan. Mereka pun melakukan pemadam secara manual. 

Tapi karena cuacanya yang berangin cukup kencang, sehingga muncul lagi itu pada Minggu (29/10/2019) pukul 09.00 WIB terdapat titik api baru yang di Gunung Kembar Dua. Selain itu kebakaran ini telah terjadi ke dua kalinya di Gunung Arjuno.