Lagi, Kawasan Hutan Gunung Arjuno Terbakar

Sep 29, 2019 19:58
Petugas saat memadamkan api di Gunung Arjuna. (Foto: istimewa)
Petugas saat memadamkan api di Gunung Arjuna. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Kebakaran hutan kembali melanda kawasan Gunung Arjuna. Diperkirakan lahan seluas 100 hektare hangus terbakar diduga dilakukan oleh pemburu tak bertanggung jawab, Minggu (29/9/2019). “Diduga kebakaran hutan yang terjadi saat ini ada pemburu saat membuat api, kemudian berimbas api itu menjalar mengakibatkan hutan terbakar,” kata Kepala Seksi Perencanaan, Pengembangan, dan Pemanfaatan Unit Pelaksana Teknis Tahura Raden Soerjo, Asep Kusdinar.

Ia menambahkan, diduga kebakaran lahan hutan itu terjadi dari pemburu, karena ditemukan peralatan pemburu dan jaring untuk menjerat hewan liar di lokasi. “Kemungkinan kebakaran disebabkan oleh pemburu. Ini dilihat dari ditemukan peralatan pemburu dan jaring untuk menjerat hewan liar,” imbuhnya. 

Gara-gara diduga kecerobohan dari pemburu itu, membuat lahan hutan terbakar diperkirakan mencapai 100 hektare. Semula kebakaran terjadi pada Sabtu (28/9/2019) dan telah diterjunkan 31 personel dan berhasil dipadamkan. “Tapi karena cuacanya yang berangin cukup kencang, sehingga muncul lagi itu pada Minggu pukul 09.00,” tambahnya. 

Sementara itu Achmad Choirur Rochim Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu menambahkan, hingga pukul 17.00 WIB Kondisi lahan hutan masih terbakar karena petugas pemadaman masih dalam perjalanan menuju titik api. 

“Tim 1 berjumlah 10 orang dari Tahura diberangkatkan ke lokasi kebakaran pada pukul 16.00 WIB. Diperkirakan tim akan tiba di lokasi kebakaran besok pagi,” jelasnya. 

BPBD Kota Batu bersama Instansi lembaga yang lain saat ini standby di Pos Tahura R. Soeryo, Sumberbrantas. Rencana operasi, Senin (30/9/2019) pagi akan diberangkatkan Tim 2 pada pukul 06.00 WIB dan Tim 3 pada pukul 08.00 WIB. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
BatuBerita BatuGunung Arjunakebakaran Gunung Arjunahutan Gunung Arjuna

Berita Lainnya

Berita

Terbaru