MALANGTIMES - MALANGTIMES - Berbagai cara untuk meningkatkan sistem pelayanan kesehatan bagi masyarakat rupanya terus diperhatikan oleh Puskesmas Dinoyo, Kota Malang. 

Ya, tak ingin pasien hanya berkunjung dan memeriksakan kesehatannya, Puskesmas yang berada di Jalan Mayjend M T Haryono, Kecamatan Lowokwaru tersebut mempunyai cara unik untuk membuat pengunjungnya tak merasa bosan.

Salah satunya dengan menghadirkan 'Pohon Laboratorium'. 

Jika dilihat dari kejauhan, pohon ini memang tampak layaknya hiasan yang biasa ditata di teras-teras rumah. 

Namun, di Puskesmas Dinoyo pohon ini diubah sebagai sarana edukasi yang epik.

Bagaimana tidak, di dalamnya berisi informasi kesehatan yang bisa dengan mudah dibaca oleh pengunjungnya ketika melintasi ruang area Laboratorium Puskesmas Dinoyo. 

Inovasi informasi kesehatan ini bahkan satu-satunya yang ada di Indonesia lho.

"Memang pohon ini dibuat sebagi salah satu sarana yang dapat memvisualisasikan panel pemeriksaan laboratorium atau jenis-jenis pemeriksaan laboratorium sesuai dengan penyakit yang ada," ujar Ahli Teknologi Laboratorium Medic Puskesmas Dinoyo, Budi Ari Bowo. 

Ia menambahkan, hal itu sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas Dinoyo. 

2Sehingga siapapun yang sedang berada di areanya kata dia, tidak hanya karena sedang melakukan chek up kesehatan saja, tapi juga sekaligus menambah wawasan mengenai dunia kesehatan.

"Sebagai salah satu sarana edukasi juga bagi pasien yang ada di sini. Jadi selain berobat, pasien juga dapat informasi kesehatan," imbuhnya.

Nah, informasi kesehatan tersebut terdapat pada 54 tabung laboratorium yang tergantung di setiap ranting pohon lengkap dengan daun sintetisnya. 

Tabung panel parameter cek laboraturium itu tentunya dengan jenis yang berbeda.

Seperti panel untuk diabetes, maka ada beberapa sample tabung yang ditampilkan mulai dari tabung pemantauan awal, diagnosis, dan hasil pengobatannya. Begitupun dengan jenis penyakit yang lainnya.

Selain itu, mengadopsi perkembangan zaman adanya Pohon Laboratorium ini juga mewadahi anak-anak yang gemar selfie. 

Karena bentuknya yang unik, tak jarang mahasiswa yang berobat juga sering menyempatkan diri untuk mengabadikan momen di dekat informasi kesehatan tersebut.

"Dengan hadirnya Pohon Laboratorium ini kan bisa mempercantik ruangan, kemudian biasanya kalau anak-anak muda begitu ya seringnya untuk selfie. Kita mewadahi mereka dalam pelayanan kesehatan ini," pungkasnya.