MALANGTIMES - TULUNGAGUNGTIMES - Adanya isu aksi menolak RKUHP dan menolak UU KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) pada Senin (30/9/19) esok, mendapat tanggapan serius dari Pemprov Jatim. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melarang seluruh pelajar untuk mengikuti aksi itu.

Khofifah berdalih pelarangan itu berdasakan surat edaran yang dikeluarkan oleh Mendikbud (Menteri Kebudayaan dan Pendidikan) beberapa waktu lalu. “Itu surat edaran Mendikbut nomer 19 tahun 2109 tanggal 27 (September) kemarin,” ujar wanita yang akrab disapa Budhe itu, Minggu (29/9/19) saat menghadiri pemecahan rekor dunia Sajian Lodho Ayam Suwir Pincuk Daun Pisang Terbanyak oleh Pemkab Tulungagung dan Muslimat NU Tulungagung.

Berdasarkan UU perlindungan anak dan Permendikbud, anak harus mendapatkan perlindungan di sekolah. Pengawasan terhadap anak selain dilakukan oleh orang tua juga dilakukan oleh pihak sekolah.

Secara khusus, SMA dan SMK yang menjadi pengawasan Pemprov Jatim, besok tetap memasukan pelajar untuk belajar di sekolah. “Semua Kepala sekolah dan guru mempunyai tugas untuk memberikan konfirmasi pada orang tua jika anak tersebut didapati tidak di dalam kelas,” ujar wanita ramah itu lebih lanjut.

Saat disinggung tentang home visiting untuk mengecek keberadaan siswa yang didapati tidak dalam kelas, Khofifah katakan pengecekan atau konfirmasi sangat mudah dilakukan, pengecekan bisa dilakukan melalui telepon seluler. “Seperti kemarin ada 3 siswa tidak masuk, tetapi ketiga-tiganya terkonfirmasi masih sakit, kemarin yang ikut (demo) juga sudah teridentifikasi,”terangnya.

Sementara itu Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia akan melakukan koordinasi dengan pihak sekolah untuk tetap memasukan siswanya pada Senin (30/9/19) esok. Dirinya juga akan melakukan pengecekan berkeliling di SMA dan SMK di Tulungagung.

Hingga saat ini masih belum ada pemberitahuan pada pihaknya tentang adanya rencana aksi di Tulungagung. Meski begitu pihaknya akan terus melakukan antisipasi dengan berkeliling sekolah. “Belum, belum ada (surat),” katanya singkat.