MALANGTIMES - Sosok Mohamad Soedarman menarik perhatian publik setelah namanya diajukan menjadi calon wakil bupati (cawabup) Malang. Terlebih lagi, hingga saat ini belum ada informasi lengkap terkait Mohamad Soedarman, baik itu dari partai pengusung yang memiliki hak mengajukan nama untuk posisi itu, maupun dari pihak lainnya, seperti DPRD Kabupaten Malang. 

Beberapa informasi dari parpol pengusung, seperti Demokrat maupun Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto, hanya menyebutkan, bahwa Mohamad Soedarman berasal dari unsur akademis, yaitu dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara atau dulu dikenal dengan nama ABM Malang.

Dari beberapa penelurusan dan informasi yang diterima, nama Mohamad Soedarman ternyata diajukan oleh partai NasDem. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Partai Demokrat Josua Sebayang. "Setahu saya diajukan oleh partai NasDem. Saat itu dari informasi memang setiap partai pengusung dimintai nama cawabupnya," kata Josua kepada MalangTIMES.com, Jumat (27/09/2019).

Tapi, Josua sama dengan beberapa sekretaris partai pengusung lainnya yang tidak terlalu mengetahui sosok Mohamad Soedarman. "Saya cuma tahu beliaunya adalah akademisi. Coba tanya ke NasDem. Kalau dari kita memang tidak mengajukan dan ikut saja mendukung nama yang diajukan rekan partai lainnya," ujarnya.

Walau beberapa kali dinyatakan, bahwa proses rapat untuk menentukan nama cawabup Malang telah dilakukan, setelah pelantikan Sanusi sebagai Bupati di bulan September 2019. Gerindra tetap kukuh mengatakan belum sepakat dengan nama yang diajukan itu.
"Kami belum menyepakatinya, maka saya belum menandatanganinya juga. Nanti malam saya coba komunikasikan hal ini dengan Bupati dan partai pengusung lainnya. Ini baru datang dari Jakarta," ujar Chusni Mubarok Ketua DPC Gerindra Kabupaten Malang.

Dari informasi lain, mencuatnya nama Mohamad Soedarman dan juga ada nama Abdur Rosyid Assadullah yang juga belum diketahui atas usulan partai pengusung yang mana, belum juga terkuak. Hanya penegasan dari Gerindra saja, itu pun hanya untuk nama Sudarman yang telah dipastikan.
Tapi, dari salah satu narasumber yang dihubungi MalangTIMES, Gerindra saat adanya rapat bersama ketua parpol lainnya, memang tidak mengajukan nama, hanya NasDem yang mengajukannya. "Setahu saya memang Gerindra saat itu tidak mengajukan nama cawabupnya. Hanya NasDem saja yang ajukan, yaitu Mohamad Soedarman itu," ucap salah satu politisi Kabupaten Malang yang tak berkenan disebut namanya.

Sayangnya, beberapa kali MalangTIMES mencoba untuk mengkonfirmasi beberapa informasi itu kepada NasDem yang disebut sebagai koordinator parpol pengusung untuk cawabup Malang ini, belum ada yang memberikan responsnya.