Suasana saat salah satu peserta melakukan teater dalam festival teater 2019 (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Suasana saat salah satu peserta melakukan teater dalam festival teater 2019 (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS Sastrasia) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), kembali menggelar kegiatan rutinannya. HMPS Sastrasia mengelar Festival Theater IV tingkat SMA dan SMK se-Jawa Timur di Aula Sarwakirti (25/9/2019).

Al Mahardika, Ketua HMPS Sastrasia Unikama menjelaskan,  jika kegiatan rutin yang dilakukan ini, merupakan kegiatan yang sudah berlangsung sejak lama. Kegiatan Festival Teater ini, sudah masuk ke tahun ke empat dalam penyelenggaraanya.

"Ini juga sekaligus program kerja kedua dari pengurus HMPS Sastrasia periode ini. Kegiatan ini sangat disambut baik oleh para peserta," jelasnya.

Baca Juga : KITAB INGATAN 78

Lanjutnya, peserta dari kegiatan ini, berasal dari beberapa kota, diantaranya ada yang dari SMA NU Gresik, SMK YPM Sidoarjo, SMK 12 Malang dan SMK Asyafi'iyah.

"Nantinya kegiatan akan dilakukan satu hari penuh, sehingga setelah para peserta semua tampil, maka akan segera juga diumumkan pemenangnya dan pemberian piala juga," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan adanya kegiatan ini, pihaknya juga berharap, agar minat terhadap kesenian teater di kalangan para siswa bisa lebih meningkat lagi. Karena teater juga berhubungan dengan budaya di Indonesia.

"Dengan ini kami juga mengapresiasi para pegiat teater khususnya kalangan siswa. Kita ingin angkat teater, seni dan sastra agar nantinya mulai siswa sudah kenal, kemudian jadi mahasiswa akan lebih lagi. Dan ini juga menyangkut kebudayaan di Indonesia, makanya kita coba angkat kebudayan melalui teatar ini," paparnya.

Sementara itu, dalam Festival Teater tersebut, para peserta akan dinilai oleh tim juri mengenai keaktoran, artistik maupun kesesuaian naskah.