Foto Dokumentasi MalangTIMES
Foto Dokumentasi MalangTIMES

MALANGTIMES - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto menyebut produk UMKM (usaha mikro kecil menengah) yang dihasilkan selama ini memiliki kualitas  bagus. Hanya, ruang pemasaran masih terbatas dan belum banyak menyentuh pasar internasional secara menyeluruh.

Karena itu, Pemkot Malang terus berupaya bergerak mendukung produk UMKM masyarakat di Bumi Arema. Salah satu yang paling baru adalah mewajibkan toko modern untuk mengisi stan-stannya dengan produk UMKM. Sehingga, olahan dan sederet produk yang ada dapat dinikmati lebih luas lagi.

"Ketika dibentuk sinergitas, maka secara otomatis akan mampu meningkatkan produktivitas, baik secara kualitas maupun kuantitas," terangnya kepada wartawan, Selasa (24/9/2019).

Program itu pun ditargetkan dapat segera terealisasi dalam waktu dekat. Sebab,  proses perjanjian antara Pemkot Malang dan toko modern akan segera dilakukan. Salah satunya untuk menentukan beberapa kriteria yang akan ditetapkan untuk menjadikan produk UMKM masuk ke toko modern.

Selain itu, upaya memperkenalkan produk lokal hingga ke mancanegara terus dilakukan. Salah satunya melalui pameran berskala nasional maupun internasional. Selama ini, respons publik sangat bagus dan banyak yang menilai bahwa produk yang dihasilkan UMKM Kota Malang memiliki kualitas bagus.

"Saat pameran, pasti ada transaksi dan produk kami selalu dikatakan bagus. Ini yang harus ditindaklanjuti untuk pemasaran ke luar negeri. Kita dorong bersama agar pasar ekspor terbentuk," ujar Wasto.

Sebelumnya, dia juga menyampaikan bahwa upaya untuk mendukung produk-produk UMKM terus dilakukan melalui berbagai pembekalan dan sosialisasi kepada pelaku UMKM. Saat ini, pembinaan sudah dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan hasil produksi dari masing-masing produk.