Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Wali Kota Malang Maksimalkan Digitalisasi Anggaran Pemerintahan Gandeng Bank Jatim

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Heryanto

22 - Sep - 2019, 17:45

Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) saat memberangkatkan peserta gerak jalan Gemerlap Hadiah Undian SIMPEDA Regional Bank Jatim. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) saat memberangkatkan peserta gerak jalan Gemerlap Hadiah Undian SIMPEDA Regional Bank Jatim. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji terus menggaungkan soal transaksi non-tunai di berbagai penggunaan anggaran pemerintahan. 

Baca Juga : Pertama Kalinya di Malang Ada Studio Apartemen Luas Harga Termurah Hanya di Kalindra

Menggandeng PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim), digitalisasi anggaran tersebut diharapkan bisa memaksimalkan pendapatan daerah sekaligus upaya pencegahan korupsi.

Sutiaji mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah menggunakan layanan non-tunai untuk beberapa kegiatan. Misalnya pembayaran honorarium pegawai. 

"Sekarang kami terapkan non-tunai semua dengan Bank Jatim. Misalnya pembayaran Linmas, ada 4000 petugas lebih, juga untuk (honorarium ketua) RT/RW juga kami pakai non-tunai," ujarnya. 

Selain itu, ke depan berbagai pungutan retribusi dan pajak juga akan diarahkan non-tunai. 

Selain lebih aman, transaksi non-tunai juga bakal memudahkan masyarakat karena bisa membayar di manapun dan kapanpun. 

"Sudah kami koordinasikan juga, sisi pendapatan daerah akan kami kuatkan dengan digitalisasi menggandeng Bank Jatim. Ada juga e-parking, e-tax yang sekiranya akan menjadi pendapatan daerah," terangnya. 

Sutiaji mengaku bahwa posisi Bank Jatim masih menjadi prioritas Pemkot Malang dalam hal transaksi keuangan daerah. 

"Bank Jatim ini juga milik Malang, milik pemerintah daerah, kami juga punya saham di sana. Jadi yang kami kedepankan juga Bank Jatim. Sama-sama ada kemudahan bagi kami, tentu kami utamakan tapi bukan berarti monopoli," paparnya.

Baca Juga : Tips Aman Ambil Uang di Mesin ATM Saat Pandemi Covid-19

Hal tersebut disampaikan Sutiaji usai membuka gelaran Gemerlap Hadiah Undian SIMPEDA Regional Bank Jatim, hari ini (22/9/2019) di Lapangan Rampal, Kota Malang. 

Mengusung tema Movement for A Better Life, berbagai aktivitas dan kegiatan diikuti oleh para peserta. 

Mulai dari jalan sehat zero waste, senam massal, lomba foto/video Instagram dengan tema Aksi Positifku Hari Ini, dan fashion show daur ulang.

Pgs. Direktur Utama Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian Gemerlap Hadiah Undian SIMPEDA 2019 yang akan diselenggarakan di lima kabupaten/kota di Jawa Timur. 

"Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada para nasabah yang sudah loyal dengan Bank Jatim," ujarnya. 

Para peserta Gemerlap Hadiah Undian SIMPEDA Bank Jatim kali ini dihibur dengan penampilan artis dangdut ternama Jawa Timur yakni Nella Kharisma featuring Lagista dan d’Kross. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Malang Sutiaji didampingi Ketua TP PKK Kota Malang Widayati, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, kepala-kepala organisasi perangkat daerah, BI Malang dan OJK Malang.


Topik

Ekonomi Wali-Kota-Malang Sutiaji Digitalisasi-Anggaran-Pemerintahan Gemerlap-Hadiah-Undian-SIMPEDA-Regional-Bank-Jatim


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Heryanto