Pembangunan Malang Creative Center Fix di Eks Gedung PDAM, Tunggu DED-Amdal

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tak main-main dalam memberikan fasilitas bagi industri ekonomi kreatif. Ya, Malang Creative Center (MCC) menjadi ruang khusus yang bakal mewadahi anak-anak milenial yang memiliki inovasi kreatif di Kota Malang.

MCC bakal direalisasikan sebagai megaproyek Pemkot Malang pada 2020 mendatang. Saat ini tahapan tersebut tengah dalam proses detail engineering design (DED) dan amdal (analisis mengenai dampak lingkungan). "Sudah fix (lokasinya di bekas kantor PDAM lama). Saat ini tengah proses DED dan amdal," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto.

Disinggung mengenai pengembangan pembangunan MCC di setiap kecamatan, Wasto menjelaskan bahwa Pemkot Malang masih akan melihat situasi dan kondisi lapangan. Menurut dia, saat ini yang menjadi fokus utama adalah penyediaan wadah kreativitas bagi arek Malang tersedia lebih dulu

"Itu nanti kita lihat dulu karena Kota Malang ini kan beda dengan kabupaten yang luas sekali. Kota Malang masih relatif seperti ini," imbuhnya.

Apalagi,  menyebarkan wadah, sarana, fasilitas industri kreatif bagi kaum muda juga harus dengan memastikan kebutuhan lain. Tidak hanya keberadaan tempatnya saja. "Sehingga apakah dengan cara menyebarkan nanti, tempatnya katakan oke, tapi tenaganya dan lain-lain akan kami hitung sesuai riilnya nanti semacam apa," ungkapnya.

Untuk realisasi pembangunan MCC ini, dana yang digelontorkan Pemkot Malang Rp 180 miliar. Nantinya, MCC akan berisi fasilitas yang dibutuhkan bagi pelaku industri kreatif di Kota Malang. Mulai dari rumah film, studio foto, aula pertunjukan, peralatan animasi, games dan masih banyak lainnya.

Top