MALANGTIMES - Pimpinan DPRD Kota Malang akan resmi dilantik Senin (23/9/2019) besok. Pelantikan dilakukan di gedung DPRD Kota Malang pukul 12.00 WIB. Pimpinan yang dilantik adalah ketua DPRD Kota Malang dan tiga wakil ketua DPRD Kota Malang.

Ketua sementara DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika menyampaikan, SK (surat keputusan) penetapan pimpinan DPRD Kota Malang telah turun. Sehingga, empat pimpinan yang sebelumnya telah ditetapkan secara internal akan dilantik untuk kemudian dapat melaksanakan kegiatan kedewanan secara resmi. "Senin akan dilantik secara resmi," kata Made.

Dia menjelaskan, pasca-pelantikan, dewan akan mengadakan rapat internal untuk memantapkan penyusunan alat kelengkapan dewan (AKD). Sehingga, dewan dapat segera bekerja tanpa menunggu waktu lebih lama lagi.

Lebih jauh Made mengungkapkan, penyusunan nama-nama anggota DPRD Kota Malang yang akan menduduki kursi di masing-masing alat kelengkapan dewan sebelumnya telah dibicarakan dengan semua partai. Namun, nama-nama itu memang belum dapat diumumkan lantaran belum ada penetapan secara resmi. "Nanti akan diumumkan setelah diresmikan," imbuhnya.

Usai pembentukan anggota yang menduduki alat kelengkapan dewan, masing-masing akan segera mengadakan rapat di setiap badan dan fraksi untuk menetapkan rencana kerja masing-masing. Sebelum akhir September, ditargetkan renja (rencana kerja)  telah usai disusun. "Setelah itu, kami akan bekerja sesuai amanah yang diberikan masyarakat," ungkapnya.

Selain I Made Riandiana Kartika, tiga pimpinan yang akan dilantik adalah Wakil Ketua I H Abdurrachman, Wakil Ketua II Asmualik, dan Wakil Ketua III Rimzah. Keempat nama tersebut telah dipilih oleh masing-masing partai pemenang, yaitu PDI Perjuangan, PKB, PKS, dan Gerindra.