MALANGTIMES - Perkembangan pariwisata Kota Batu berimbas pada bertambahnya penduduk. Dengan latar belakang itu memungkin pada tahun 2020 mendatang Kota Batu yang kini haya  memiliki 3 kecamatan menjadi 4 kecamatan. 

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menjelaskan, salah satu menjadi pemerintah definitif pada suatu daerah harus memiliki 4 kecamatan. Namun Kota Batu masih memiliki 3 yakni, Bumiaji, Batu, dan Junrejo. “Melihat saat ini memang Kota Batu berkembang cukup pesat, dilihat dari bertambahnya penduduk,” ungkap Punjul.

Penambahan 4 kecamatan itu lanjut Punjul, dalam proses kajian awal. Dilihat dari tata kota, tata wilayahnya. “Dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka harus diimbangi dengan ketersediaan pelayanan yang mudah diakses,” imbuhnya. 

“Daerah pusat kota seperti Kelurahan Sisir dan Ngaglik ini sudah padat penduduk, kurang lebih ada 20 ribuan penduduk di sana,” tambah pria yang juga Ketua DPC PDIP Kota Batu ini.

Karena itu, keinginan memiliki kecamatan baru itu bakal diupayakan sebelum akhir masa jabatannya. Harapannya dengan adanya wilayah kecamatan baru nanti, bisa meningkatkan taraf kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.