Tersangka M Irsad Fakih saat diamankan pihak kepolisian (Foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Tersangka M Irsad Fakih saat diamankan pihak kepolisian (Foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tiga tahun berstatus buron, M Irsad Fakih warga Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis akhirnya berhasil diringkus petugas gabungan Polsek Tumpang dan Satreskrim Polres Malang, Jumat (20/9/2019). Pria 23 tahun itu diamankan jajaran kepolisian karena terlibat jaringan pencurian.

Baca Juga : Polisi Akui Kejahatan Jalanan Kota Malang Meningkat Usai Program Asimilasi

”Tersangka Irsad ini merupakan seorang DPO (Daftar Pencarian Orang) pencurian 12 glangsi jeruk. Tiga tahun kemudian, tersangka berhasil kami amankan di tempat persembunyiannya yang ada di wilayah Kecamatan Pakis,” kata Kasubag Humas Polres Malang, AKP Ainun Djariyah.

Berdasarkan data yang dihimpun pihak kepolisian, aksi pencurian tersebut terjadi pada bulan Juli 2016 dini hari. Ketika itu komplotan pencurian yang beranggotakan empat orang ini melancarkan aksi pencurian di ladang jeruk milik Ngatemin yang berada di Dusun Sumberingin, Desa Wringinsongo, Kecamatan Tumpang.

Keesokan harinya, Ngatemin yang hendak mengambil jeruk yang sudah dipanen mendapati jika buah miliknya ternyata sudah tidak ada di tempat semula. Menyadari jika jeruk miliknya telah dicuri, kakek 66 tahun itupun akhirnya melaporkannya ke pihak kepolisian.

Mendapat laporan, anggota Unit Reskrim Polsek Tumpang langsung dikerahkan ke lapangan guna melakukan penyelidikan. Dari hasil olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan keterangan dari beberapa saksi yang dihimpun polisi, tersangkanya mengarah kepada empat orang. Mereka adalah M Irsad Fakih, Farid Bambang S, Koko Adi P, dan Aldi Firman K.

”Sesaat setelah melancarkan aksi pencurian, tiga orang tersangka berhasil diamankan petugas. Mereka adalah Farid Bambang S, Koko Adi P, dan Aldi Firman K. Sedangkan seorang pelaku lainnya yakni M Irsad Fakih, diduga memilih kabur ke luar kota guna menghindari kejaran petugas,” terang anggota polisi yang akrab disapa Ainun ini.

Baca Juga : Jambret Mulai Marak, Korbannya Para Ibu yang Sedang Belanja

Tiga tahun berselang, polisi mendapat informasi jika M Irsad Fakih memilih untuk bersembunyi di daerah Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis. Mendapat informasi tersebut, petugas gabungan dari Polsek Tumpang dan Polres Malang langsung dikerahkan ke lokasi dan berhasil mengamankan tersangka Irsad, Jumat (20/9/2019) pagi.

”Kasusnya masih dalam tahap penyidikan, diduga kuat komplotan pencurian hasil pertanian ini sudah sering melancarkan aksinya di beberapa TKP lainnya,” tutup Mantan Kasat Binmas Polres Malang ini, saat dikonfirmasi MalangTIMES.com.