Bawang Merah Anjlok Hingga Rp 5 Ribu di Kota Batu, Pemkot Batu Bantu Buka Stand

MALANGTIMES - Harga bawang merah dari petani ke tengkulak jatuh hingga Rp 5 ribu per kilogram. Anjloknya bawang merah lantaran memasuki panen raya bulan September di Kota Batu.

Karena anjloknya harga tersebut, tentunya membuat petani merugi. Bagaimana tidak, penurunan harga ini mencapai tiga kali lipat.

“Harga normal Rp 15-20 ribu menjadi Rp 5 ribu ke tengkulak, ini sangat rugi bagi petani,” kata Anggota Gapoktan Torong Makmur, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Sutri.

Tidak tinggal diam dengan menggandeng Dinas Pertanian Kota Batu, 11 kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan Torong Makmur, Desa Torongrejo membukakan stand di Balai Kota Among Tani Batu. Dengan membuka stand di sana merupakan sebuah solusi bagi para petani.

Dinas Pertanian Kota Batu bergerak cepat dengan membuka stand penjualan bawang merah dari petani langsung ke konsumen. Stand bertempat di halaman Balai Kota Among Tani Batu digelar sejak 18-20 September.

“Di stand yang bekerjsama dengan Dinas Pertanian Kota Batu ini kami menjual bawang merah dengan harga Rp 9 ribu per kilogram,” imbuhnya.

Hadirnya stand tersebut tentunya lanjut Sutri, sangat membantu petani bawang merah. Sebab memotong mata rantai tengkulak yang membeli bawang ke petani di bawah rata-rata.

 

Top