Suasana para pejabat struktural Unikama saat dalam kegiatan sambut mahasiswa baru FEB (Unikama for MalangTIMES)
Suasana para pejabat struktural Unikama saat dalam kegiatan sambut mahasiswa baru FEB (Unikama for MalangTIMES)

MALANGTIMES - 205 mahasiswa dan mahasiswi baru Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) 2019 Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), mendapat sambutan dari keluarga besar FEB. Kegiatan sambutan terhadap para mahasiswa baru itu dilakukan pada Kamis (12/9/2019) di ruang Auditorium Multikultural Unikama.

Dalam kegiatan tersebut, Dekan FEB, Drs. Sulistyo M.Ak membuka langsung kegiatan sambutan terhadap para mahasiswa maupun mahasiswi baru tersebut.

"Kalian diterima sebagai bagian dari keluarga besar FEB. Selamat datang di FEB Unikama dan selamat berjuang menggapai cita-cita serta bersiap menjadi generasi penerus bangsa untuk bergerak maju, serta meningkatkan mutu dan daya saing bangsa. Jangan lupa belajar dengan tekun dan lulus kuliah tepat waktu," ungkapnya.

Lanjutnya, ia juga memberikan pesan pada era saat ini, dimana masuk pada era Revolusi Industri 4.0, para mahasiswa juga harus menjaring dan memanfaatkan sebaik mungkin segala informasi yang saat ini mudah untuk diakses.

Hal itu tentunya, guna menambah pengetahuan para mahasiswa yang tentu bermanfaat sebagai bekal dalam menempuh perkuliahan hingga mencapai kelulusan. “Jika bisa menyelesaikan 8 semester, 2023 Anda kembali berkumpul di tempat ini menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan memakai toga,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, keluarga besar FEB juga memperkenalkan seluruh para pejabat struktural , mulai dari dekan, wakil dekan, kaprodi dan dosen maupun profil dari FEB.

Di sisi lain, Wakil Dekan FEB, Dr. Vinus Maulina, MM yang juga mengisi acara sambutan terhadap mahasiswa baru tersebut, menjelaskan materi tentang mahasiswa bagian dari membangun bangsa.

“Mahasiswa di era ini, harus mengambil bagian dari pembangunan bangsa. Tantangan yang dihadapi teman-teman maba adalah di Revolusi Industri dan digitalisasi, dimana mutlak dituntut untuk penguasaan bahasa dan teknologi. Tinggal bekal apa yang akan kita persiapkan nantinya. Banyak cara berkontribusi untuk negeri ini, salah satunya dengan penulisan ilmiah seperti PKM, PHBD, KTI dan lainnya,” imbuhnya.

Karena itu, kedepannya ia berharap, agar para mahasiswa bisa memiliki kemandirian dan mampu berwirausaha serta memiliki karakter penting yang akan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat maupun bagi bangsa.

Kegiatan sambutan mahasiswa baru FEB itu juga diisi dengan orasi oleh Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Robbi Readi.
Di sana ia menjelaskan mengenai perbedaan antara mahasiswa maupun seorang siswa.

“Menjadi mahasiswa, tentu akan berbeda dengan siswa. Kata ‘maha’ yang disematkan adalah sebuah cerminan dari istimewa, sekaligus tantangan yang akan dihadapi setiap orang yang mengalaminya. Menjadi mahasiswa, maka kita akan diuji bagaimana menjadi orang yang bertindak sesuai dengan perkataannya. Menjadi mahasiswa berarti, kita akan berlatih bagaimana mengurangi praduga, tapi mendasarkan diri pada analisa," jelasnya.

Dan dalam penutupan kegiatan tersebut, suasana semakin semarak dengan salam kebangsaan para mahasiswa yang meneriakkan hidup mahasiswa, hidup mahasiswa Indonesia, hidup rakyat Indonesia, salam pergerakan.