Serentak Pelajar, ASN, Warga Kota Batu Aksi Bersih Peringati World Clean Up Day

Sep 20, 2019 14:45
ASN saat menyemprot air ke lantai Alun-Alun Kota Batu.
ASN saat menyemprot air ke lantai Alun-Alun Kota Batu.

MALANGTIMES - Pelosok desa maupun kelurahan di Kota Batu kini semakin indah dan bersih. Itu semua berkat masyarakat serentak melakukan bersih-bersih memperingati World Clean Up Day 2019, Jumat (20/9/2019) pagj.

Baca Juga : Terkuak, Data Petani Terkena Limbah Greenfields Sejak Tahun Lalu Telah Dilaporkan, Tapi...

Ya, hampir semua kalangan, mulai dari tingkat RT/RW, desa, kelurahan, sekolah, instansi negeri dan swasta, aparatur sipil negara (ASN), ikut membersihkan areanya masing-masing. Misalnya para ASN yang sudah dibagi membersihkan area jalan protokol.

Di Jalan Panglima Sudirman, misalnya, para ASN membersihkan sampah dan mencabuti rumput di area pedestrian. Lalu di area Alun-Alun Kota Batu, mereka membersihkan sampah serta lantai di seputarannya dengan air.

Aksi bersih lainnya ada  di seputaran Pasar Besar Kota Batu. Tempat ini yang mejadi perhatian lantaran banyaknya sampah usai aktivitas para pedagang.

“Rata-rata untuk sampah di masing-masing tempat ini menghasilkan satu pikap,” ujar anggota  Tim Sapu Bersih Nyemplung Kali (Sabers Pungli) Kota Batu Herman Aga.

Ya tim Saber Pungli Kota Batu yang menggerakkan kegiatan ini dengan menggandeng Pemkot Batu. “Kota Batu memang ada imbauan dari Pemkot Batu melalui surat edaran nomor  660/2458/422.110/2019 berisi tentang dukungan atau partisipasi semua elemen masyarakat dalam World Clean Up Day 2019,” imbuhnya.

Kegiatan bersih-bersih serentak ini dilakukan  untuk mewujudkan Kota Batu bebas sampah tahun 2020. Juga meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kebersihan.

Karena itu, tim Saber Pungli membagikan donasi kaus sejumlah 150 buah baju kepada petugas kebersihan. “Kami juga berikan penghargaan kepada petugas kebersihan. Mereka adalah pahlawan yang setiap hari menjaga kebersihan di Kota Batu,” imbuhnya.

Baca Juga : Hama Tikus Bikin Buntung, Dinas Pertanian : Alat Bantuan Masih Terkendala Lelang

Ia pun berharap gerakan bersih-bersih serentak ini bisa dilakukan terus-menerus. Tentunya agar Kota Batu bebas sampah.

 

 

Topik
World Clean Up Day 2019Aksi Bersih di kota batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru